Inilah Puncak Mandeh, Raja Ampatnya Urang Awak

Keindahan alam itu bernama Puncak Mandeh, serupa Raja Ampat Papua.

Nusantaratv.com - Terletak di Kabupaten Pesisir Selatan dan berbatasan langsung dengan kota Padang, Sumatera Barat, potongan keindahan bumi nusantara terdapat pada Puncak Mandeh.

Di sini, padupadan bukit, teluk disertai gugusan pulau kecil menyatu di bagian tengah bernama Teluk Carocok Tarusan.

Jika di Papua ada Raja Ampat yang pukau turis mancanegara dan domestik, Puncak Mandeh pun sama rasanya. Dia bak magnet baru di bagian Barat Indonesia.

Jika hendak menikmati lukisan Tuhan ini dari Kota Padang, pengunjung cuma cukup menempuh jarak kurang lebih 56km. Katanya kalau naik mobil cuma 1 jam perjalanan.

Luasnya lumayan luas yakni 18.000 Ha. Kawasan ini merangkul 7 desa dari 3 nagari yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, beternak dan bertani.

Setelah tiba di obyek wisata urang awak ini, bergegaslah ke puncaknya Puncak Mandeh. Anda bisa melihat gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak dan gradasi warna air lautnya yang menambah keindahan Kawasan Mandeh ini.

Di bagian selatan Kawasan Mandeh tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan sungai, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riak – riak kecil. Sedangkan di kawasan utara Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Gerbang masuk Kawasan Mandeh dapat dicapai melalui laut dan jalan darat. Bila naik kapal atau boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan.

Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternative dari tiga ruas jalan yang berbeda, alternative pertama dari Pasar Tarusan melalui simpang carocok dan alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.

Bagaimana setelah membaca artikel ini? Anda berminat berkunjung ke Raja Ampatnya urang awak inikah?

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK