Gelandangan di Rusia Divaksin Covid-19

Program vaksinasi covid-19 untuk kaum gelandangan di Rusia dimulai dengan 40 tunawisma di kota Saint Petersburg

Ilustrasi gelandangan di Rusia/ist

Saint Petersburg, Nusantaratv.com-Pemerintah Rusia terus berupaya mempercepat dan memperluas cakupan program vaksinasi covid-19 bagi warganya. Kaum tunawisma  atau gelandangan di Rusia juga mendapat perhatian dan diberi vaksin covid-19. 

Dilaporkan, program vaksinasi covid-19 untuk kaum gelandangan di Rusia dimulai dengan 40 tunawisma di kota Saint Petersburg. Progam ini diinisiasi oleh sebuah badan amal non-pemerintah Nochlezkha yang didukung pejabat setempat.   

"Di sini, ada banyak orang yang berisiko. Penting bagi mereka untuk divaksinasi," kata Taisia Suvorova Nochlezhka yang memberikan bantuan kepada para tunawisma di kota terbesar kedua di Rusia itu. 

Berdasarkan data, ada 15 ribu gelandangan dari total 5 juta penduduk di bekas ibu kota kekaisaran itu.  

"Beberapa orang telah mengatakan hal-hal kontroversial tentang vaksin itu, tetapi saya pikir ada lebih banyak keuntungan daripada negatifnya," kata salah seorang tunawisma Galina Ivanovna (57) usai menerima suntikan vaksin covid-19 dosis pertama. 

"Saya sangat senang melakukannya," imbuhnya.

Baca juga: Rusia Legowo RI Tak Beli Vaksinnya

Hal senada disampaikan rekan Galina,  Aleksandr Suvorov (60). Menurut Suvorov vaksin adalah hal yang baik untuk menghadapi pandemi covid-19. 

Program vaksinasi covid-19 bagi para gelandangan di kota Saint Petersburg telah memicu sebuah LSM lain untuk melakukan hal yang sama di kota Moskwa.

Rusia telah berhasil memproduksi vaksin covid-19 sendiri yang diberi nama Sputnik V pada Agustus 2020.

Bahkan negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin ini telah memproduksi vaksin covid-19 kedua yang dinamai EpiVacCorona pada Oktober 2020. Tak berhenti sampai di situ, Rusia juga telah memproduksi vaksin virus corona ketiga Kovivak.

Rusia memulai program vaksinasi massal pada Januari 2021. 

Kemajuan vaksin covid-19 di Rusia diharapkan dapat menekan laju kasus infeksi virus corona di negara itu. Data terakhir menyebutkan total ada 4,6 juta kasus positif covid-19 di Rusia dengan angka fatalitas 83.293 kasus. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK