Rupiah Menguat Tipis ke Rp15.262 per Dolar AS pada Kamis (29/9/2022) 

Nusantaratv.com - 29 September 2022

Mata uang dolar AS dan rupiah/ist
Mata uang dolar AS dan rupiah/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Nilai tukar rupiah menguat tipis 4 poin atau 0,03 persen dan berada di level Rp15.262 per dolar AS, pada perdagangan Kamis (29/9/2022) sore. 

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp15.247 per dolar AS.

Menurut Analis DCFX Lukman Leong penguatan rupiah pada penutupan perdagangan disebabkan oleh sentimen negatif di pasar keuangan akibat imbal hasil obligasi AS yang kembali naik.

"Rupiah ditutup hanya sedikit menguat, membalikkan hampir semua penguatan di awal perdagangan," kata Lukman Leong, mengutip CNNIndonesiacom.

Selain itu, pelemahan rupiah yang tipis disebabkan oleh kebijakan intervensi yang dilakukan Bank of England (BoE) di pasar obligasi. Di mana hal tersebut menimbulkan sentimen negatif, sehingga banyak investor yang melepas aset dan mata uang berisiko.

Sementara mata uang di kawasan Asia terpantau bervariasi. Yen Jepang melemah 0,35 persen, baht Thailand turun 1,37 persen, peso Filipina menguat 0,02 persen, won Korea Selatan naik 0,12 persen, dan yuan China melemah 0,03 persen. 

Dolar Singapura turun 0,57 persen dan dolar Hong Kong juga melemah 0,01 persen pada penutupan perdagangan sore ini.

Sebaliknya, mayoritas mata uang utama negara maju kompak berada di zona merah. Tercatat euro Eropa melemah 0,88 persen, poundsterling Inggris turun 0,84 persen, dan franc Swiss melemah 0,77 persen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])