Bupati Manggarai Timur Ajak Kaum Perempuan Jadi Penopang Ekonomi Keluarga

Nusantaratv.com - 05 Februari 2022

Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas saat memberikan sambutan dalam RAT ke-XIII KSP Kredit Manggarai Timur Tahun 2021. Foto( Prokopim Manggarai Timur)
Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas saat memberikan sambutan dalam RAT ke-XIII KSP Kredit Manggarai Timur Tahun 2021. Foto( Prokopim Manggarai Timur)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bupati Manggarai Timur, Andeas Agas mengajak kaum perempuan di daerah itu untuk menjadi penopang ekonomi rumah tangga.

Hal tersebut disampaikan Agas saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-XIII KSP Kopdit Kartini Manggarai Timur tahun buku 2021 di Aula Rumah Jabatan Bupati, Jumat (4/2/2022).

Bupati Agas menjelaskan wujud sederhana dari emansipasi yaitu ketika mampu belajar lebih mandiri serta tidak menggantungkan hidupnya kepada siapapun.

Ia menjelaskan makna sebenarnya dari emansipasi adalah tentang bagaimana kaum perempuan dapat berkembang dan maju dari waktu ke waktu tanpa menghilangkan jati dirinya.

Selain menopang ekonomi keluarga, secara sosial, jelas Agas, perempuan mandiri juga mampu mengangkat derajat keluarga.

"Dalam keluarga misalnya, ketika seorang perempuan memiliki pekerjaan yang baik atau mandiri maka secara tidak langsung memberikan dampak sosial kepada harga diri keluarga di mata masyarakat," ungkap Agas.

Karena itu, pada kesempatan RAT ke-XIII KSP Kopdit Kartini Manggarai Timur, Bupati berharap agar lebih banyak lagi perempuan yang terlibat dalam keanggotaan.

"Dengan lebih banyak perempuan berkoperasi maka ekonomi keluarga dipastikan perlahan akan lebih baik," jelasnya.

Selain itu, Agas juga menjelaskan bahwa jaman sekarang, perempuan dituntut untuk terus belajar banyak hal baru dan mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

"Perempuan harus mandiri dan menjadi penopang ekonomi keluarga. Jangan lagi mengharapkan laki-laki. Sehingga ketika produktifitas kerja sang suami terganggu maka ekonomi rumah masih berjalan," jelasnya.

"Laki-laki juga tidak boleh melarang istrinya untuk mengurusi pekerjaan lain sepanjang itu baik untuk keberlangsungan kehidupan rumah tangga. Dengan memiliki pekerjaan lain perempuan tidak merasa kebosanan dengan hidupnya karena hanya mengurusi pekerjaan rumah tangga saja," jelasnya.

Agas mengapresiasi lonjakan aset yang dimiliki oleh SKP Kopdit Kartini Manggarai Timur.

"Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus, pengawasan, dan seluruh anggota KSP Kartini yang sudah mengadakan rapat anggota tahunan tepat pada waktunya," ujarnya.

Bupati Agas berharap Koperasi yang berdiri sejak tahun 2009 itu, bergerak lebih cepat lagi demi meningkatkan aset. 

"Apalagi aset yang dimiliki saat ini telah mencapai angka 1 miliar lebih," jelasnya.

Agas menjelaskan, jika sebuah koperasi sudah memiliki aset mencapai Rp 1 miliar, pasti larinya sangat kuat dan kencang. Hal tersebut, dengan menetapkan target kerja, demi kemajuan koperasi ke arah yang lebih baik ke depannya.

Agas menyebut, jika aset sudah mencapai 1 miliar harus berani membuat target.

 "Lewat forum RAT seperti ini kita dapat mengevaluasi laporan pengurus dengan baik," jelasnya.

 Agas juga memaparkan data tahun buku 2021, KSP Kopdit Kartini Manggarai Timur mengalami lonjakan aset sebesar 7,5 % dan pinjaman beredar meningkat 0,9 %. Simpanan saham naik 7,8 %. Jumlah anggota sampai dengan keadaan 31 Desember 2021 sejumlah 173 orang.

Kondisi tersebut menurut badan penasehat KSP Kopdit Kartini itu, memberi tantangan kepada anggota untuk menetapkan target kenaikan anggota, "Kalau koperasi Kartini semakin besar maka harus menetapkan target kenaikan anggota," jelas Bupati.

Untuk itu, lanjut Agas, lewat RAT yang diadakan, harus membuat rencana penambahan anggota. Cara untuk menambah anggota yaitu harus merekrut anggota lain yang belum bergabung di koperasi, "Kalau hari ini jumlah anggota koperasi Kartini baru mencapai 173 orang maka ke depan kita kejar sampai 500 anggota," jelasnya.

Sementara itu, ketua SKP Kopdit Kartini Manggarai Timur, Theresia Wisang Agas, menjelaskan RAT dibuat untuk memenuhi amanat AD/ART, di mana pada setiap akhir tahun buku, badan pengurus KSP/Kopdit Kartini Manggarai Timur harus memberikan pertanggungjawaban kepada forum rapat anggota tahunan mengenai pelaksanaan kegiatan koperasi selama satu tahun buku.

"Selama tahun buku 2021, meskipun di tengah krisis akibat merebaknya Covid 19, kopdit kartini tetap melaksanakan operasional pelayanan kepada semua anggota dan mengalami kenaikan total asset sebesar 7,5 %, pinjaman beredar meningkat 0,9 %. Simpanan saham naik 7,8 %. Jumlah anggota sampai dengan tanggal 31 Desember 2021 berjumlah 173 orang," jelasnya.

Pada saat itu, Theresia Wisang berpesan kepada pengurus dan pengawas KSP Kopdit Kartini, agar bekerja lebih giat untuk meningkatkan jumlah anggota, supaya Kopdit Kartini bisa makin maju dan eksis, dan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota.

"Kopdit Kartini Manggarai Timur setiap tahun melaksanakan RAT secara rutin sejak berdirinya di Tahun 2009, dan pada hari ini RAT ke 13 kembali dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Anggota untuk pelaksanaan kegiatan di tahun 2021," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close