Direktur KPK Benarkan Novel Baswedan Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan

Menariknya, disebutkan diantara nama-nama yang dinyatakan tidak lolos tes TWK banyak yang sedang menangani kasus besar

Novel Baswedan/ist

Jakarta, Nusantara TV-Polemik seputar pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) bagi para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus bergulir. Tak hanya itu, munculnya nama-nama 75 pegawai KPK yang tak lolos TWK juga ramai diperbincangkan. 

Direktur Sosialisasi dan Kampanye (Dirsoskam) Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono termasuk salah satu dari 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK. Giri juga membenarkan sejumlah nama lain yang beredar di media, termasuk Novel Baswedan.

"Sama sesuai dengan konpers Ketua KPK bahwa 75 tidak memenuhi syarat dan beberapa nama sama dengan apa yang di media. Saya, Kepala Biro SDM, kemudian Deputi Koordinasi Supervisi," kata Giri dikutip dari detik, Sabtu (8/5/2021).

"Termasuk Novel Baswedan, kurang-lebih begitu," imbuhnya.

Giri menjabarkan pejabat mana saja yang tidak lulus TWK. Giri mengatakan ada 8 pejabat eselon dan 9 kasatgas yang tidak lolos TWK.

Baca juga: 75 Pegawai Dikabarkan Dipecat, Ini Kata Ketua KPK

"Jadi kemudian sebenarnya yang menarik adalah hampir semua kasatgas yang berasal dari KPK, 7 kasatgas penyidikan dan 2 kasatgas di penyelidikan juga bagian dari 75 itu tadi," ungkapnya.

Selain itu, kata Giri, sejumlah pengurus inti Wadah Pegawai KPK juga dinyatakan tidak lulus. Giri menyebut beberapa pegawai KPK yang tidak lulus TWK saat ini tengah menangani kasus besar.

"Mungkin yang jelas yang sudah ada di media ya, misal Novel Baswedan yang menangani kasus di Kelautan di KKP, kemudian ada Andre Nainggolan yang menangani bansos, kemudian beberapa penyidik yang memang susah menangani sebetulnya kasus-kasus yang besar, dan sebetulnya mereka sedang menangani kasus yang tidak bisa disampaikan publik saat ini," bebernya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK