Di Cianjur, Lansia yang Mau Divaksin Dikasih Hadiah Ayam

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengampresiasi inovasi dan terobosan pemerintah kabupaten untuk membantu percepatan vaksinasi covid-19

Vaksinasi covid-19/ist

Cianjur, Nusantara TV-Aparat pemerintahan di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melakukan inovasi unik untuk merangsang minat para warga lansia (lanjut usia) untuk mengikuti program vaksinasi covid-19. Selain melakukan pendekatan secara humanis, aparat setempat juga memberikan hadiah berupa ayam kepada para lansia yang mau divaksin.

Aparat desa dan Kapolsek, dan vaksinator jemput bola blusukan menyasar lansia agar bersedia divaksin.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi inovasi yang dilakukan aparat desa dan Polsek Cipanas.

Menurutnya, terobosan tersebut sangat membantu percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Jawa Barat. Apalagi, saat ini perkembangannya baru mencapai 10 persen dari target 4,6 juta lansia di Jabar.

Baca juga: Komisi VII DPR RI Dukung Pengembangan Vaksin Nusantara

"Saya mengapresiasi siapapun yang ikut membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi pada kelompok rentan ini. Perlu cara-cara kreatif di tengah derasnya hoaks tentang vaksin, masyarakat perlu diedukasi tentang keamanan dan manfaat vaksin bagi Lansia itu, salah satunya bisa dengan memberikan hadiah atau bingkisan,"ujar Kang Emil dikutip dari Okezone, Minggu (20/6/2021).

Kang Emil mengatakan jika semua pemerintah kota/kabupaten melakukan hal yang sama dengan cara kreatif lainnya bukan tidak mungkin vaksinasi lansia akan melesat peningkatannya.

"Insentif satu ekor ayam untuk satu orang lansia bisa jadi contoh dan diaplikasikan di tempat lain namun hal itu tergantung dengan kemampuan anggaran daerah setempat. Kalau ada cara kreatif lainnya yang tidak perlu melibatkan anggaran itu akan lebih baik," kata dia.

Ia pun mendorong pemerintah kota/kabupaten untuk mengadakan sentra vaksinasi atau dengan cara jemput bola bekerja sama dengan TNI/Polri, BUMN, BUMD, maupun swasta. Mengingat berdasarkan evaluasi Covid-19 pada 15 Juni 2021 lalu, jumlah lansia di Jabar yang sudah menerima vaksin dosis pertama yaitu seanyak 479.901 orang atau 10,90 persen. Sementara yang sudah menerima dosis kedua sebanyak 311.509 orang atau 7,07 persen.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK