Dampak Bencana, 450 BTS di NTT Terputus

Sistem pada BTS tidak dapat berfungsi akibat terputusnya aliran listrik

Menteri Komunikasi dan Informastika RI,Jhonny G.Plate (Tengah) didampingi Bupati Flores Timur, Anton Hadjn )Kiri) saat memberikan keterangan persnya di Bandara Gewayan Tanah sebelum melakukan peninjauan lokasi bencana di Pulau Adonara,Senin (12/4)

NTT, Nusantara TV-Bencana badai dan banjir bandang yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pekan lalu, mengakibatkan padamnya sistem pada 450 Base Transceiver Station (BTS) dari total 2.638 BTS yang ada di propinsi tersebut.

Guna melancarkan akses komunikasi dalam situasi darurat saat ini, Kementerian  Komunikasi dan Informatika, telah menyediakan 40 telepon satelit  dan menyambungkan 11 unit akses internet  darurat dengan satelit.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny Gerard Plate di Bandara Gewayan Tanah Flores Timur,NTT sebelum  menuju Pulau Adonara dan Lembata, Senin (12/4) merinci dari 450 BTS yang terdampak itu, 444 BTS di antaranya adalah BTS yang dibangun operator seluler, dan 6  BTS  yang dibangun Kementerian Kominfo-Bakti. 

“Termasuk 6 BTS dari total 156 BTS Kemen-Kominfo-Bakti saat ini sedang down! Saat ini harus segera kita hidupkan kembali 450 BTS  tersebut. Faktor penyebabnya adalah power supply (listrik). Kita sudah mencoba stand by power suply (genset), namun  cara tersebut belum optimal dikarenakan  harus tersedia bahan bakar. Kita berharap kondisi ini segera bisa dipulihkan, " ujar Jhonny G Plate.

Baca juga: Warga Korban Bencana NTT Kesulitan BBM dan Air Bersih

Menurutnya, yang paling terdampak adalah operator seluler Telkomsel. Dari total 1.312  BTS Telkomsel di NTT,748 di antaranya terdampak (down). Namun kini, berhasil dihidupkan  kembali 371 BTS. Masih tersisa 377.

Selain itu, dari total 1.333 unit akses internet yang dibangun Kemen Kominfo di NTT, 170 di antaranya masih down. Penyebabnya murni karena listrik padam.

“Kerja sama Kementerian Kominfo dan semua operator seluler terbangun dengan baik. Mudah-mudahan segera dipulihkan. Ya, segera, karena ini saling berhubungan dengan tersediaan listrik dengan hidupnya BTS, kecuali ada 6 yang memang karena power robotnya hanyut. Itu yang harus dibangun kembali !” pungkas Jhoni Plate.

Penulis: Eman Niron

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK