Daerah Tanpa Internet Boleh Gelar Sekolah Tatap Muka

Namun belajar tetap memperhatikan protokol Covid-19

Papua, Nusantara TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut, sekolah di daerah yang kesulitan atau tak memiliki jaringan internet, diperbolehkan melakukan belajar tatap muka.   

Hal ini dilakukan agar pelajar tidak ketinggalan pelajaran. 

Baca juga: Sekolah Dilarang Wajibkan Seragam Beratribut Agama 

Meski begitu, ia mengingatkan proses belajar tatap muka harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. 

"Kemendikbud mendorong agar sekolah di Papua Barat, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) yang sulit bahkan tidak ada jaringan internet dapat melakukan belajar tatap muka," ujar Nadiem saat mengunjungi Sorong, Papua Barat, Jumat (12/2/2021). 

Nadiem juga mengatakan keputusan melakukan belajar tatap muka kewenangan pemerintah daerah, kepala sekolah, dan komite sekolah yang menimang sesuai kondisi daerah masing-masing.

Menurut Nadiem SKB empat menteri yang sudah dikeluarkan pemerintah untuk memastikan setiap daerah dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada.

Nadiem meminta kabupaten dan provinsi papua Barat memanfaatkan SKB empat menteri untuk memulai belajar tatap muka buat daerah bermasalah internet. Pertemuan belajar tiga kali tatap muka dalam sepakan dikatakan sudah cukup agar anak-anak tidak ketinggalan pelajaran.

"Tetapi semua itu tergantung pada kepala sekolah dan komite sekolah. Jika sekolah memperbolehkan maka pemerintah daerah harus memberikan dukungan agar berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan," tandasnya, dikutip dari Antara. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK