Soal Chip Kustom Tensor 5G, Google Pilih TSMC Ketimbang Samsung

Nusantaratv.com - 10 Juli 2023

Google memilih TSMC ketimbang Samsung untuk chip kustom Tensor G5. (Gizmochina)
Google memilih TSMC ketimbang Samsung untuk chip kustom Tensor G5. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Mengikuti jejak Apple, Google memulai upayanya menggunakan chip kustomnya sendiri di ponsel Pixel. 

Melansir Gizmochina, Senin (10/7/2-023), seri Pixel 6 menjadi yang pertama menampilkan prosesor Google khusus yang disebut Tensor, meskipun didasarkan pada chip Exynos Samsung yang diproduksi pada proses node 5nm. 

Pixel 7 terus menggunakan prosesor buatan Samsung semi-kustom, begitu pula Pixel 8. Namun, tampaknya Google berencana meninggalkan perusahaan Korea Selatan (Korsel) tersebut demi TSMC untuk meluncurkan chip Tensor G5 yang sepenuhnya dikustomisasi pada 2025.

Seorang mantan eksekutif Google mengatakan, rencana awalnya yakni meluncurkan chip Tensor yang benar-benar disesuaikan paling cepat tahun depan. Namun, produksi chip, dengan nama sandi Redondo, tertunda karena tantangan dalam mempertahankan karyawan dan mengoordinasikan pengembangan di berbagai tim.

Chip tersebut kini diharapkan siap pada 2025. Mengkonfirmasi laporan sebelumnya, sumber hari ini mengklaim Google memang beralih dari Samsung ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk produksi chip Tensor G5 mereka. 

Disebutkan chip ini didasarkan pada proses pembuatan 3-nanometer TSMC dan akan menggunakan teknologi Integrated Fan-Out untuk mengurangi ketebalan dan meningkatkan efisiensi daya.

Namun masih harus menunggu sedikit lebih lama sebelum menyaksikan chip Tensor yang sepenuhnya dikustomisasi. Jajaran Pixel 8 mendatang untuk tahun ini akan terus menampilkan prosesor yang dirancang dan diproduksi oleh Samsung. 

Demikian pula, ponsel Pixel yang akan diluncurkan pada 2024 juga akan menggunakan prosesor dari perusahaan Korsel tersebut, meskipun kali ini dengan komponen Samsung yang lebih sedikit.

Chip yang sepenuhnya dikustomisasi akan membantu Google menghadirkan integrasi yang lebih erat antara perangkat keras dan perangkat lunak, membuat kinerja ponsel jauh lebih baik daripada saat ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])