Samsung Kembangkan DRAM LPDDR5X Pertama di Industri

Nusantaratv.com - 17 April 2024

Samsung mengembangkan DRAM LPDDR5X pertama di industri. (Foto: Yonhap)
Samsung mengembangkan DRAM LPDDR5X pertama di industri. (Foto: Yonhap)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen chip memori terbesar di dunia, Samsung Electronics Co., mengatakan pihaknya mengembangkan chip DRAM dengan kecepatan data ganda 5X (LPDDR5X) berdaya rendah pertama di industri.

Hal ini menjadi sebuah solusi memori yang disesuaikan untuk aplikasi AI (artificial intelligence). Demikian dilansir dari Yonhap, Rabu (17/4/2024).

Menurut Samsung, chip baru ini mendukung kinerja tertinggi di industri hingga 10,7 gigabit per detik (Gbps), meningkatkan kinerja lebih dari 25 persen dan kapasitas lebih dari 30 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Chip LPDDR berdaya rendah dan berperforma tinggi memainkan peran yang semakin besar dalam pasar AI pada perangkat yang berkembang pesat, dimana AI berjalan pada perangkat itu sendiri.

Perusahaan mengatakan produk LPDDR5X terbarunya memanfaatkan teknologi proses kelas 12 nanometer untuk mencapai ukuran chip terkecil di antara chip LPDDR yang ada. Hal ini membantu perusahaan memperkuat kepemimpinan teknologinya di pasar DRAM berdaya rendah.

"Samsung akan terus berinovasi dan menghadirkan produk yang dioptimalkan untuk era AI pada perangkat yang akan datang melalui kolaborasi erat dengan pelanggan," kata perusahaan itu.

Samsung menyebut produksi massal LPDDR5X dijadwalkan akan dimulai pada paruh kedua tahun ini, setelah verifikasi oleh penyedia prosesor aplikasi seluler dan perangkat seluler.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])