Pemerintah Pastikan Harga BBM Tak Naik Sampai Juni, Meski Minyak Dunia Bergejolak Imbas Konflik Iran Vs Israel

Nusantaratv.com - 16 April 2024

Menteri ESDM Arifin Tasrif/ist
Menteri ESDM Arifin Tasrif/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah melalui Kementerian ESDM memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia tak akan naik sampai Juni mendatang, meski harga minyak dunia sedang bergejolak imbas konflik Iran dengan Israel. 

Hal itu disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (16/4/2024).  

Arifin Tasrif mengatakan Pemerintah hingga kini masih melihat perkembangan situasi geopolitik, termasuk dampaknya ke pergerakan harga minyak dunia.

"Sekarang kita tahan, sementara stok aman. Tapi kita lihat perkembangannya ke depan, ya mudah-mudahan nggak ada eskalasi konflik Iran Israel," ujar Arifin, Selasa (16/4/2024).

Dalam ratas hari ini, kata Arifin, Presiden Jokowi berpesan kepada menteri dan jajaran terkait untuk menyiapkan skenario-skenario antisipatif untuk meredam kondisi apapun yang bisa terjadi imbas memanasnya kondisi geopolitik dunia.

"Kita harus antisipasi ini melihat skenario yang mungkin terjadi, mengambil alternatif untuk bisa meredam," ungkap Arifin.

Arifin menjelaskan bila harga minyak dunia naik US$ 1 per barel saja bisa membuat subsidi dan kompensasi BBM membengkak. Hitungannya, subsidi BBM bisa bengkak hingga Rp 3,5-4 triliun.

"Kalau harga minyak naik US$ 1 itu, bisa naik sekitar Rp 3,5-4 triliun untuk kompensasi dan subsidi. Makanya, kita harus hemat energi, efisiensi energi ini harus terus dicanangkan dikerjain dan diprogramkan," pungkas Arifin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])