Inikah Sedan Listrik Mazda6 Baru dari China?

Nusantaratv.com - 16 April 2024

Mazda dan pabrikan otomotif asal China, Changan, telah menggoda sedan listrik baru mereka di media sosial. (Foto: Carscoops)
Mazda dan pabrikan otomotif asal China, Changan, telah menggoda sedan listrik baru mereka di media sosial. (Foto: Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perusahaan patungan yakni Mazda dan pabrikan otomotif asal China, Changan, telah menggoda sedan listrik baru mereka di media sosial.

Menampilkan sekilas siluet mobil tersebut menjelang debutnya di Beijing Auto Show 2024. Digadang-gadang sebagai calon penerus Mazda6 (Atenza) yang sudah dihentikan produksinya, model ukuran menengah ini mungkin terbatas pada pasar China.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (16/4/2024), pabrikan mobil asal Jepang itu telah mengonfirmasi model ini akan hadir dalam varian sepenuhnya listrik dan plug-in hybrid (PHEV), yang dibangun di atas platform yang dikembangkan oleh Changan.

Teaser tersebut memberikan gambaran sekilas tentang profil aerodinamis sedan dan garis karakter berbeda, yang menggugah desain yang terlihat pada merek-merek milik Changan lainnya. 

Selain itu, tampak lampu belakang lebar penuh yang terletak di bawah spoiler belakang. Jika ini merupakan kasus rebadge, Mazda kemungkinan akan menggabungkan gril khasnya yang diapit sepasang lampu depan yang sangat agresif.

Changan Mazda sebelumnya telah mengumumkan dua debut untuk 2024, yang secara internal diberi kode nama J90A (sepenuhnya listrik) dan J90A-REEV (plug-in hybrid). Kedua model ini bakal diikuti J90K dan J90K-REEV pada 2025, yang akan memperluas jajaran produk lokal. 

Media China melaporkan Mazda baru akan menggunakan arsitektur EPA1 Changan yang telah menopang sedan Deepal atau Shenlan SL03 dan SUV S7 yang masih terkait erat. 

Platform ini kompatibel dengan powertrain hibrida listrik dan PHEV, dengan menggunakan mesin bensin empat silinder 1,5 liter sebagai penggerak untuk jarak tempuh kendaraan.

Di Eropa, produsen mobil tersebut baru-baru ini memberi merek dagang Mazda 6e, sehingga memicu rumor tentang generasi baru sedan menengah tersebut. Tidak jelas apakah model ini akan terkait dengan sedan berbasis di Changan atau akan menjadi penawaran terpisah yang disesuaikan untuk pasar Barat.

Changan Mazda belum memberikan tanggal pasti debut sedan baru ini, hanya menyatakan jika sedan listrik ini akan "segera hadir". Namun, selama Konferensi Mitra Global Changan Automobile 2024 pada Januari lalu, Ketua Zhu Huarong mengonfirmasi jika kendaraan listrik tersebut akan diperkenalkan di Beijing Auto Show 2024, yang bakal dibuka pada 25 April.

Sedangkan jajaran produsk Changan Mazda di China saat ini terdiri dari Mazda3, CX-30, CX-50, dan CX-5. Ini menyiratkan jika tambahan baru pada jajaran produk ini bakal menjadi satu-satunya sedan dengan desain tiga kotak dan pilihan powertrain listrik sepenuhnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])