Ganjar Ogah Jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawarin Siapa?

Nusantaratv.com - 28 Maret 2024

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. (Antara)
Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan dirinya tetap berada di luar pemerintahan dibanding menjadi menteri pada pemerintahan mendatang. Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pun merespons. 

Gibran berbalik menanyakan siapa yang menawari Ganjar untuk jabatan menteri di pemerintahan selanjutnya.

"Yang menawari siapa? Siapa yang menawarkan," ujar Gibran saat ditanya mengenai sikap Ganjar yang tetap berada di luar pemerintahan, Rabu (27/3/2024).

Sebelumnya, Ganjar sempat menilai tawaran posisi menteri itu lebih baik ditujukan kepada parpol yang berada di koalisi pengusung Prabowo-Gibran, sebab akan lebih fair.

Apakah pernyataan Ganjar itu menegaskan bahwa dirinya enggan dirangkul oleh pasangan nomor urut 2, Gibran mengaku tak tahu.

"Ya nggak tahu, lha mau nggak orangnya (Pak Ganjar nggak mau dirangkul). Yaudah," kata Gibran.

"Kalau penawarannya saya nggak tahu, setahu saya nggak ada penawaran seperti itu," sambungnya.

Sebelumnya, Ganjar mengaku lebih memilih berada di luar pemerintahan dibanding menduduki jabatan menteri pada pemerintahan yang akan datang. Ganjar mengaku ingin menghindari pemusatan kekuasaan pada satu lembaga saja.

Walau demikian, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada pihak yang menawarkan posisi menteri terkait wacana pembentukan koalisi besar pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ganjar memandang tawaran posisi menteri lebih baik ditujukan kepada parpol yang berada di koalisi pengusung Prabowo-Gibran, lantaran lebih adil. 

"Saya sampaikan terima kasih, lebih baik diberikan kepada pemenang untuk sebebas-bebasnya memilih dan jauh lebih baik kalau kelompok yang sudah mendukung itu yang diutamakan bukan saya, tidak fair. Kalau saya berada di luar mungkin itu jauh lebih baik karena check and balance pasti akan terjadi dan lebih banyak yang hebat di kelompoknya masing-masing apalagi kalau kita lihat banyak sekali tim atau partai politik yang mendukung paslon, pasti juga punya harapan," ujar Ganjar, Selasa (26/3/2024).

Pernyataan Ganjar itu disampaikan menjawab Gibran yang mengatakan akan merangkul paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md usai KPU RI mengumumkan hasil Pilpres 2024. Gibran mengatakan semua paslon memiliki visi-misi yang sama yaitu untuk memajukan bangsa.

"Ya semua dirangkul, semua punya visi misi untuk memajukan bangsa, ya itu kalau mau dirangkul," ujar Gibran, Rabu (20/3/2024).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])