Dolar Lewati Batas Psikologis Rp16.200, BI Lakukan 3 Langkah Konkret Jaga Kestabilan Rupiah

Nusantaratv.com - 16 April 2024

Gedung Bank Indonesia di Jakarta/ist
Gedung Bank Indonesia di Jakarta/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Usai Lebaran 2024 nilai tukar rupiah semakin terpuruk dan sudah melewati batas psikologis Rp16.005 dolar AS di perdagangan pasar spot pada Selasa (16/4) pagi.

Bahkan menurut data Refinitiv pukul 09.30 WIB, rupiah melemah hingga Rp 16.200-Rp 16.220 per dolar AS.

Guna mencegah nilai tukar rupiah semakin jatuh, Bank Indonesia (BI) memastikan akan melakukan langkah- langkah konkret untuk meredam tekanan terhadap nilai tukar rupiah.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI Edi Susianto mengatakan ada tiga langkah konkret yang akan ditempuh BI untuk menjaga kestabilan Rupiah.

"BI akan menjaga kestabilan Rupiah melalui menjaga keseimbangan supply-demand valas di market melalui triple intervention khususnya di spot dan DNDF," tegas Edi Susianto, Selasa (16/4/2024).

Langkah kedua, BI meningkatkan daya tarik aset Rupiah untuk mendorong capital inflow, seperti melalui daya tarik SRBI dan hedging cost. Kemudian ketiga, BI tetap koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder terkait, seperti pemerintah, Pertamina dan lainnya.

Edi mengungkapkan selama periode libur Lebaran terdapat perkembangan di global dimana rilis data fundamental AS makin menunjukkan bahwa ekonomi AS masih cukup kuat seperti data inflasi dan retail sales yang di atas ekspektasi pasar. Selain itu, pelemahan rupiah juga dipengaruhi oleh memanasnya konflik di timur tengah khususnya konflik Iran-Israel.

"Perkembangan tersebut menyebabkan makin kuatnya sentimen risk off, sehingga mata uang emerging market khususnya Asia mengalami pelemahan terhadap dolar AS," ujar Edi, dikutip dari cnbcindonesiacom.

Sementara itu, indeks dolar (DXY) selama periode libur lebaran menguat sangat signifikan yaitu dari 104 menjadi di atas 106, bahkan pagi ini sudah mencapai angka 106,3.

"Selama libur lebaran, Pasar NDF IDR di offshore juga sudah tembus di atas Rp 16.000, atau sudah di sekitar Rp 16.100, sehingga rupiah dibuka di sekitar angka tersebut (di atas Rp 16.100)," kata Edi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])