Canggih! Universitas di China Kembangkan Anjing Robotik AI

Nusantaratv.com - 28 Maret 2024

Tim dari Universitas Politeknik Northwestern China menciptakan terobosan dalam kecerdasan buatan dengan pengembangan anjing pemandu robotik. (Foto: People's Daily)
Tim dari Universitas Politeknik Northwestern China menciptakan terobosan dalam kecerdasan buatan dengan pengembangan anjing pemandu robotik. (Foto: People's Daily)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tim dari Universitas Politeknik Northwestern China menciptakan terobosan dalam kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan pengembangan anjing pemandu robotik.

Melansir People's Daily, Kamis (28/3/2024), teknologi yang dikenal dengan Embodied AI itu, memungkinkan mesin berinteraksi dengan lingkungan secara fisik dan real time

Profesor Li Xuelong dan timnya telah merancang robot anjing ini untuk beroperasi secara mandiri tanpa koneksi internet, memungkinkan membantu manusia dalam tugas sehari-hari seperti menggunakan lift, menyeberang jalan, dan menavigasi lingkungan di dalam ruangan.

Robot anjing ini menawarkan solusi inovatif bagi kekurangan anjing pemandu untuk orang tunanetra, dengan kemampuan beroperasi secara mandiri dan berinteraksi secara cerdas dengan manusia. 

Kemajuan teknologi ini didorong oleh perkembangan dalam robotika dan teknologi Simultaneous Localization and Mapping (SLAM). Versi sebelumnya dari robot anjing ini memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi secara bebas dengan manusia, terutama karena batasan teknologi pemrosesan bahasa alami. 

Guna mengatasi keterbatasan tersebut, tim Profesor Li menerapkan teknik kuantisasi model besar, kompresi, dan inferensi yang dipercepat, memungkinkan robot untuk beroperasi pada platform komputasi berdaya rendah.

Robot anjing pemandu ini telah berhasil dalam membimbing individu tunanetra melalui lingkungan yang menantang, menunjukkan kemampuannya berinteraksi dan memberikan panduan di area dengan konektivitas jaringan yang lemah. 

Eksperimen telah mengkonfirmasi efektivitas robot anjing ini dalam menavigasi ruang dalam ruangan serta berkomunikasi dengan pengguna secara cerdas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])