Bagus untuk Jantung, Ini Manfaat Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Punya banyak kandungan nutrisi, buah Sawo memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah Sawo

Nusantaratva.com - Tentu kalian pernah makan buah sawo kan. Buah dengan rasa manis dan banyak airnya ini mengandung vitamin C, A, B6, karbohidrat, mineral dan juga serat.

Punya banyak kandungan nutrisi, buah Sawo memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jarang orang tahu kalau buah sawo juga dapat membantu kesehatan jantung.

Berikut empat manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh.

Jaga kesehatan pencernaan

Tumbuh di daerah tropis, buah sawo memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding apel. Buah sawo juga memiliki zat polifenol yang merupakan senyawa alami tumbuhan. Di dalam tubuh, polifenol berperan sebagai zat antioksidan yang mampu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit. 

Baca Juga: Bener Gak Sih Makan Buah Kering Bagus untuk Kesehatan?

Serat yang cukup tinggi pada sawo dapat menjaga kesehatan pencernaan kita. Selain dapat melancarkan buang air besar, serat dan polifenol dalam sawo juga berperan mendukung pertumbuhan bakteri baik, dan melawan bakteri jahat yang membahayakan pencernaan.

Buah Sawo

Jaga kesehatan jantung

Buah sawo juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Karena di dalam buah ini mengandung karoten yang dipercaya turut berperan menjaga kesehatan jantung.

Sifat antiinflamasi karoten dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk pada pembuluh darah jantung, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Bantu lawan radikal bebas

Buah sawo juga mengandung vitamin C yang memiliki sifat antioksidan.

Baca Juga: Usai Pasang Ring Jantung, Begini Kondisi Kesehatan Rano Karno

Nah, antioksidan inilah yang bermanfaat bantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan radikal bebas, yang berisiko merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu penyakit serius.

Bantu cegah kanker

Dilansir dari Alodokter.com, polifenol dalam buah sawo memiliki sifat antioksidan, antiradang dan antikanker.

Jadi, ketika sawo dimakan secara teratur bersamaan dengan makanan sehat lainnya, kandungann polifenol pada sawo dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Itu dia manfaat buah sawo bagi kesehatan kita. Namun, perlu diingat kalau sawo juga mengandung protein yang bisa menyebabkan munculnya alergi pada sebagian orang.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK