Ada Ruang di KRI Nanggala 402 yang Tidak Bisa Masuk Air

Sesuai bukti-bukti otentik yang ditemukan dalam proses pencarian, diduga kuat kapal selam KRI Nanggala 402 sedang dalam fase tenggelam ke dasar laut

Kapal selam KRI Nanggala 402/ist

Bali, Nusantara TV-Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak usai latihan di perairan Bali, Rabu (21/4/2021) masih terus dilakukan. 

Diduga kuat, berdasarkan bukti-bukti otentik, saat ini kapal buatan Jerman yang membawa 53 orang sedang pada fase tenggelam ke dasar laut. 

KSAL Laksamana Yudo Margono mengatakan ada kemungkinan air masuk ke dalam KRI Nanggala-402 akibat retakan. Namun, terdapat bagian kapal yang tidak bisa masuk air.

"Kemungkinan air masuk ada, tapi kemungkinan juga ada bagian kabin-kabin yang tidak bisa masuk di situ," ujar Yudo dikutip dari detik, Sabtu (24/4/2021).

Yudo menjelaskan, kapal terdiri dari beberapa bagian yang di dalamnya terdapat sekat penutup. Bila sekat ditutup maka ada kemungkinan air tidak dapat masuk.

Baca juga: KRI Nanggala Disebut Pernah Diperbaiki di Korsel 2012

"Karena di dalam kapal selam juga ada sekat-sekatnya, apabila itu ditutup itu bisa air tidak masuk. Itu juga ada kemungkinan-kemungkinan seperti itu," tuturnya.

Yudo lantas memberikan contoh terkait penutupan sekat ini. Dia menyebut bila air masuk pada bagian depan kapal dan sekat ditutup maka kemungkinan air tidak masuk ke bagian lain.

"Jadi dalam ruangan-ruangan ini kan dibagi perkompartemen, bila hanya di depan kemudian anggota sempat menutup ada kemungkinan

Sekat-sekat ini disebut dimiliki oleh semua kapal. Sekat merupakan pintu kedap yang dilakukan dengan cara diputar.

"Jadi kapal itu ada kompartemen-kompartemennya yang bisa ditutup dengan pintu kedap yang diputar," pungkasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK