10 Cerita Misteri yang Legendaris di Indonesia

Suka kisah misteri? Dari dulu hingga kini, yang namanya misteri selalu membuat penasaran.

Tempat wisata Lawang Sewu
Nusantaratv.com - Suka cerita misteri? Dari dulu hingga kini, yang namanya misteri selalu membuat penasaran. 
 
Sebagai negara besar dengan jumlah suku bangsa yang begitu banyak, membuat Indonesia kaya akan budaya. Tiap suku memiliki budayanya sendiri, begitu juga tiap daerah ada cerita-cerita misteri di dalamnya.
 
Hampir di setiap pelosok Nusantara, selalu ada cerita mistis atau sosok gaib dari masing-masing suku yang menjadi kepercayaan mereka.
 
Berikut ada 10 cerita legenda dari beberapa tempat di Indonesia yang hingga kini masih dipercaya akan keangkerannya.
 
1. Padang 12 kota gaib di Ketapang-Kalimantan
 
Cerita misteri yang satu ini cukup legendaris. Tidak hanya untuk masyarakat Kalimantan saja, kisah mistis Padang 12 telah kesohor hingga di luar Kalimantan. Padang 12 menceritakan sebuah kota gaib yang terkenal sangat makmur. Untuk sampai ke kota gaib Padang 12 kita bisa berkendara selama 30 menit dari Pontianak menuju Kota Ketapang. 
 
Meski kasat mata atau tidak terlihat, warga sekitar meyakini Padang 12 adalah sebuah kota yang bersih dan indah. Dari keterangan warga sekitar makhluk gaib yang tinggal di Padang 12 sering berbelanja di pasar sekitar. Namun saat hendak membayar belanjaan mereka, tidak menggunakan uang tapi denan rempah atau kunyit. Menurut cerita rakyat setempat kunyit ini setelah satu hari akan berubah menjadi emas.

Perkiraan lokasi Pasar Bubrah di lereng Merapi.
2. Pasar Bubrah di Gunung Merapi
 
Cerita-cerita misteri juga banyak datang dari gunung. Banyak kisah dari gunung-gunung di Indonesia yang memiliki cerita-cerita misteri yang dipercaya hingga saat ini. Bagi yang hobi naik gunung, tentu sudah pada paham dengan cerita-cerita mistis yang ada di beberapa gunung. Bahkan mungkin pernah mengalaminya langsung. 
 
Seperti cerita gaib dari Gunung Merapi, konon kabarnya ada sebuah pasar gaib yang cukup menyeramkan di lereng gunung Merapi. Pasar ini disebut dengan Pasar Bubrah, dari keterangan warga sekitar, pasar ini disebut-sebut sebagai pasarnya bangsa jin di sekitar itu. Lokasinya juga aneh, karena sama sekali tidak ditumbuhi tanaman, yang ada hanya dataran gersang. 
 
Dari keterangan para pendaki yang lewat daerah pasar bubrah mengaku sering mendengar suara tawar-menawar layaknya transaksi di sebuah pasar. Sebagai tambahan informasi, Pasar Bubrah ini juga dijadikan pos terakhir para pendaki yang hendak naik ke Gunung Merapi.
 
3. Misteri Bikun di Universitas Indonesia
Bagi mereka yang pernah kuliah di Universitas Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan istilah Bikun atau Bis Kuning. Bikun adalah bus bercat kuning yang dijadikan transportasi di dalam lingkungan Universitas Indonesia.
 
Bus gratis ini hingga kini masih beroperasi. Adapun kisah misteri yang berkaitan dengan bikun terjadi beberapa tahun lalu. Saat itu bikun-bikun di sana belum ber-AC, yang menjadi misteri, katanya bikun-bikun ini ada yang beroperasi di luar jam yang seharusnya. Kini banyak bikun-bikun tua yang sudah tidak beroperasi dan dikumpulkan menjadi bus rongsok yang dikumpulkan di satu tempat. Tempat berkumpulnya bus-bus rongsok itu disebut dengan kuburan bikun. Konon katanya di kuburan bikun ini sering terlihat sosok penampakan salah satunya hantu legendaris si merah yang sudah terkenal di UI.

Jalan menembus alas Roban
4. Misteri Alas Roban yang jadi jalan paling angker di Pulau Jawa
 
Alas Roban jalanan yang kanan kirinya dipenuhi hutan lebat ini juga jadi cerita misteri legendaris yang sepertinya diturunkan turun temurun. Jalanan yang berada di Jawa Tengah ini disebut jadi jalan terangker di Pulau Jawa alasannya di sini banyak kejadian gaib yang enggak masuk akal. Banyak sekali pantangan yang harus dilakukan ketika lewat Alas Roban. Salah satunya adalah menghindari jalanan ini saat malam hari karena biasanya banyak kejadian gaib yang terjadi. Katanya sih saat malam hari godaan di Alas Roban lebih terasa, jadi kalau harus lewat jalanan ini malam hari, disarankan kepada para pengendara untuk lebih fokus, tidak berpikir yang macam-macam.
 
5. Masalembo segitiga bermuda Indonesia
Kalau bicara segitiga bermuda, bayangan orang langsung menuju ke Samudera Atlantik di dekat Amerika Serikat. Namun ternyata di Indonesia ada juga lho, lokasi seperti segitiga bermuda.  Segitiga bermuda di Indonesia terletak di antara Pulau Bawean, Kota Maejene dan Kepulauan Tengah, lokasi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1981. Lokasi ini disebut dengan Segitiga Masalembo karena letaknya di perairan Masalembo. Banyak kecelakaan kapal yang karam di sini, yang terheboh adalah tenggelamnya KM Tampomas II. Juga pesawat Adam Air, yang jatuh beberapa tahun lalu, diyakini juga jatuh di perairan Masalembo ini. 
Warga lokal meyakini daerah Masalembo ini jadi kerjaan jin yang penuh dengan aura mistis yang gaib. Tapi para pakar menyebutkan fenomena yang sering terjadi di segita bermuda ini adalah hal yang alami.

6. Kota Wentira, kota mistis nan gaib di Sulawesi
 
Kalau di Kalimantan Barat terkenal dengan Padang 12, di daerah Sulawesi juga ada kota gaib yang bernama Kota Wentira. Kota yang kasat mata ini menjadi legenda turun temurun warga di daerah itu. Menurut cerita orang yang pernah melihatnya, Wentira adalah sebuah kota yang sangat maju. Kota Wentira terdapat di Kabupaten Donggala. Untuk menuju ke Wentira ada beberapa akses, salah satunya
 
Bukan cuma kota gaib di Kalimantan saja, Sulawesi juga punya satu kota gaib yang masih jadi cerita legendaris. Kota Wentira yang kasat mata ini disebut-sebut sebagai sebuah kota yang sangat maju. Konon Kota Wentira ini terdapat di Kabupaten Donggala dan memiliki beberapa akses untuk masuk ke sana. Salah satunya di area kebun kopi di Donggala, katanya sih ada beberapa peneliti yang sempat tersasar dan melihat penampakan Kota Wentira yang sangat maju.
 
7. Menara Saidah di Jakarta yang penuh misteri
Kalau sering bolak balik lewat jalan tol dalam kota Jakarta pasti sadar sama kehadiran menara yang satu ini. Menara Saidah yang sekarang sudah tak beroperasi ini disebut-sebut juga jadi kerjaan jin. Kalau dari luar penampakan Menara Saidah memang bikin bulu kuduk merinding sih. Katanya sih Menara Saidah ini ditinggal semua penyewanya karena berhantu tapi ada yang bilang karena menara ini miring. Tapi kabar Menara Saidah yang miring ini tidak dibenarkan oleh kontraktornya nih. Jadi apakah Menara Saidah ini benar-benar berhantu ya?

Lawang Sewu
8. Kisah horor di Lawang Sewu Semarang
Cerita misterius di Lawang Sewu bisa jadi sudah tidak asing lagi kalian dengar. Meski telah dipugar serta jadi lebih terpelihara, Lawang Sewu terkesan senantiasa diliputi aura misterius. Apalagi Lawang Sewu ini disebut- sebut jadi gedung berhantu kedua se- Asia. Dahulu di masa pendudukan Jepang, Lawang Sewu sempat dijadikan sebagai rumah penjara. Dan konon kabarnya, Lawang Sewu menjadi penjara paling kejam. Jadi kebayang dong gimana ngerinya Lawang Sewu pada era itu. Banyak spot yang populer mengerikan di sini, mulai dari penjara bawah tanah atau bunker, hingga yang disebut dengan lorong hantu yang menuju ke sumur tua, benar-benar bikin merinding. Keseraman Lawang Sewu menjadi-jadi setelah pada 2013 lalu dilakukan uji nyali di sini. Dan anehnya, entah karena kebetulan atau ada sangkut pautnya dengan Lawang Sewu, sang peserta uji nyali, tiga hari kemudian ditemukan meninggal dunia. 
 
 
9. Rumah Gurita Bandung yang katanya jadi tempat pemuja setan
Rumah Gurita yang berada di Bandung ini memiliki kisah misteri yang hingga kini belum terpecahkan. Dilihat dari bawah nampak seperti bangunan biasa seperti rumah pada umumnya. Yang membedakan di atas rumah ini ada patung gurita yang sangat besar, seakan sedang mencengkeram rumah ini. Dari cerita yang beredar, rumah ini dijadikan gereja bagi para pemuja setan. Dapat dilihat dengan jelas dari jembatan Pasteur, rumah ini semakin terlihat horor karena terlihat kumuh tak terawat. Bagi yang ingin masuk ke dalam rumah ini konon katanya harus memasuki sebuah pintu dengan nomor 666, dimana angka ini sering dikaitkan dengan angka setan.
 
10. Bedugul Taman Rekreasi Hotel Bali penginapan mewah makhluk gaib
Hotel milik keluarga Cendana ini kini nasibnya mengenaskan, tak terawat dan terbengkalai. Entah karena sebab apa, hotel ini kini dibiarkan begitu saja. Bangunan super mewah di zamannya itu kini sudah tak beroperasi, keberadaannya dibiarkan mangkrak dan tak diurus. Bedugul Taman Rekreasi Hotel di Bali ini dulunya begitu kesohor, banyak turis asing saat datang ke Bali menginap di sini. Bangunan super besar itu kini dibiarkan begitu saja sehingga dari rumor yang beredar, bangunan hotel itu kini menjadi tempat penginapan mewah bagi makhluk tak kasat mata. Dari cerita warga sekitar, banyak yang melihat sosok penampakan di bangunan yang kini nampak lusuh ini. Cerita misteri yang paling terkenal dari bangunan ini adalah munculnya sosok gaib berjenis kelamin wanita berwajah oriental, yang katanya sering menggoda pemuda-pemuda yang lewat di sekitar bangunan itu.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK
Tulisan Lainnya