Pemerintah Targetkan Satu Juta Wisman Kunjungi Borobudur

Menpar Arief Yahya menargetkan dapat mendatangkan satu juta wisman usai rampung Yogyakarta Internasional Airport.
Pemerintah Targetkan Satu Juta Wisman Kunjungi Borobudur
Candi Borobudur/ borobudurpark.com

Yogyakarta, Nusantaratv.com - Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA) diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke destinasi super prioritas Borobudur hingga mencapai satu juta orang.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan, target 1 juta wisatawan tersebut baru setengah yang ditargetkan Kementerian Pariwisata sebesar 2 juta wisman.

"Target 1 juta wisman ini gampang, karena demand ke Yogyakarta dan Borobudur yang sudah sangat tinggi. Sebagai gambaran, Bandara Adi Sucipto Jogja memiliki kapasitas 1,8 juta penumpang pertahun, namun saat ini melayani lebih dari 8,4 juta penumpang," ujar Menpar pada acara Focus Group Discussion (FGD) di Terminal Bandara YIA, Yogyakarta, Rabu (18/9/2019)

Pergerakan pesawat juga terus tumbuh positif dalam lima tahun terakhir dengan rata-rata 6,45%. Sebanyak 85 ribu pergerakan pesawat dilayani Bandara Adisutjipto pada 2018 lalu.

Baca Juga: Pemerintah Anggarkan Rp 1,7 Triliun untuk Destinasi Prioritas

Menpar juga berharap kehadiran YIA setelah rampung 100%, akan menjadi satu-satunya bandara di Indonesia yang tidak memiliki pembatasan dalam lapangan atau restriksi karena dapat didarati pesawat terberat dan terbesar. Sehingga bisa menerima penerbangan dengan pesawat paling besar.

Bandara juga bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 atau Airbus 380 dengan kapasitas penuh. PCN atau lapisan landasan untuk landing dan take off lebih kuat dari Bandara Soekarno Hatta. 

"Tahun depan 2020, target 1 juta setahun, untuk menuju ke 2 juta di Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang). Saat ini Jogja sendiri hanya 138 ribu setahun, total Joglosemar hanya 400-an ribu setahun. Ujungnya, Joglosemar harus menjadi 2 juta," kata Menpar.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0