Berikut Ini 3 Strategi Tingkatkan Kualitas CoE 2020

Menpar menjelaskan bahwa ada tiga yang perlu terus ditingkatkan dan diperhatkan dalam membangun kualitas Calender Of Event 2020.
Berikut Ini 3 Strategi Tingkatkan Kualitas CoE 2020
Menpar Arief yahya saat peluncuran Coe 2020 di Jakarta/ Kemenpar

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan perlu tiga hal untuk meningkatkan kualitas Top-100 National Calender of Event (CoE) 2020.

"Ketiga hal itu adalah meningkatkan media value, cultural creatives value, dan meningkatkan CEO commitment," ujar Menpar saat peluncuran di Kantor Kemenpar, Jakarta, (15/10/2019).

Menpar menjelaskan, meningkatkan media value sangat penting untuk menarik kunjungan wisatawan ke event tersebut. Untuk ini perlu dialokasikan anggaran yang memadai minimal 50% untuk media value dan 50% penyelenggaraan event.

Baca Juga: Promosi Bitung Melalui Destinasi Wisata Bahari

Dari separuh anggaran media value tersebut, menurut Menpar, 50% dilakukan saat pre-event, 30% ketika on-event, dan 20% post-event (POP). 

"Bagaimana penyelenggaraan event itu dikatakan sukses kalau tidak diketahui wisatawan. Suksesnya event kalau bisa meng-attract wisatawan dalam jumlah besar," kata Menpar.

Hal penting yang perlu dilakukan adalah meningkatkan cultural creatives value karena masih terjadi ketimpangan kualitas dalam penyelenggaraan event di daerah baik dari segi koreografi, arrangement music, maupun penataan kostum atau busana.

"Saya minta agar Tim Kurator CoE melakukan coaching clinic secara rutin setiap 3 bulan sekali untuk memberi pelatihan dalam meningkatkan cultural creatives," ungkap Menpar.

Sementara itu, hal ketiga yang terpenting adalah CEO commitment. Hal tersebut merupakan komitmen gubernur dan bupati yang dinilai Menpar harus mempunyai komitmen kuat untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya, antara lain dengan pengalokasian anggaran di sektor pariwisata.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0