Bali Masuk Daftar Lokasi Wisata yang Disarankan Tak Dikunjungi

Masuk daftar ini bukan berarti wisatawan dilarang mengunjungi destinasi
Bali Masuk Daftar Lokasi Wisata yang Disarankan Tak Dikunjungi
Salah satu objek wisata di Bali. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Bali masuk dalam destinasi wisata yang tak seharusnya dikunjungi pada tahun 2020. Daftar bertajuk 'No List' ini dikeluarkan media wisata asal Amerika Serikat, Fodor's Travel. 

Baca juga: Wishnutama Tepis Mau Buat Wisata Halal di Bali dan Danau Toba 

No List sendiri berfokus pada isu lingkungan, etika, dan terkadang politik.

"Bali, pulau yang paling banyak dikunjungi di Indonesia telah menderita efek pariwisata massal dalam beberapa tahun terakhir, sampai pemerintah menarik pajak turis untuk membantu memerangi efek (pariwisata massal) terhadap lingkungan," tulis Fodor's melalui situs resmi, Fodors.com.

Bali pada 2017, kata Fodor's dideklarasikan sebagai kawasan darurat sampah. Hal ini terjadi lantaran terlalu banyak sampah plastik di pantai dan perairan.

"Badan Lingkungan Hidup Bali mencatat bahwa pulau itu menghasilkan 3.800 ton sampah setiap hari, dengan hanya 60 persen berakhir di tempat pembuangan sampah. Sebuah pengamatan yang jelas bagi siapa pun yang mengunjungi pulau itu," tulis Fodor's. 

Kelangkaan air bersih di Bali turut menjadi sorotan Fodor's. Apalagi kelangkaan akibat pembangunan vila dan lapangan golf, berdampak pada petani lokal.

Kemudian perilaku turis yang tak senonoh, khususnya di kawasan suci pusat peribadatan. Pihak berwenang di Bali sendiri dianggap tak berupaya membuat peraturan dan pedoman untuk mengatasi persoalan itu. 

"Wisatawan yang mengunjungi situs-situs keagamaan dengan mengenakan pakaian renang, memanjat situs-situs suci, dan umumnya tidak menghormati adat dan norma budaya," tulis Fodor's lagi.

Di samping Bali, Angkor Wat di Kamboja, Hanoi Train Street atau jalur kereta di Hanoi, Vietnam, Barcelona di Spanyol, dan Big Sur di California, juga masuk dalam daftar destinasi wisata yang patut dipertimbangkan untuk tak dikunjungi. 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0