Wabah H5N8 Hadir Lagi di China, Ribuan Burung Mati Serentak

Wabah H5N8 yang Sangat Patogen Telah Melanda Provinsi Shaanxi, Wilayah Utara China.

Ilustrasi wabah H5N8. (Getty Images)

Nusantaratv.com - Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China menyatakan wabah H5N8 atau flu burung kembali merebak di Provinsi Shaanxi, wilayah utara China.

Dilaporkan ribuan burung liar mati serentak setelah jatuh sakit, seperti dikutip dari RT, Kamis (10/6/2021). "Wabah baru flu burung yang sangat patogen, H5N8, telah melanda provinsi Shaanxi. Sekitar 4.249 burung liar jatuh sakit dan mati setelah virus itu menyebar di cagar alam Hongjiannao di kota Shenmu," kata Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China, pada Rabu (9/6/2021).

Pihak kementerian menambahkan, upaya darurat untuk mendisinfeksi daerah sekitarnya dan membuang sisa-sisa burung telah dilakukan. Sementara itu, Laboratorium Referensi Flu Burung Nasional mengkonfirmasi wabah tersebut adalah subtipe burung liar dari influenza H5N8.

Secara total, menurut para pejabat setempat, ada enam wabah kecil flu burung yang sangat patogen di China pada tahun ini. Kendati demikian, sejauh ini tidak ada yang menyebar di tingkat regional.

Wabah terbaru terjadi setelah China melaporkan kasus pertama di dunia infeksi manusia dari jenis flu burung H10N3, pada seorang pria di kota timur Zhenjiang pekan lalu. "Pasien sejak itu telah dipulangkan dari rumah sakit," terang pejabat kesehatan.

Komisi Kesehatan Nasional negara itu menilai kemungkinan wabah skala besar dari jenis itu sebagai 'sangat rendah'.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK