Volkswagen Tak Lagi Minat Saingan dengan Toyota, Soal Apa?

Toyota Baru-baru Ini Menghadirkan Versi Konsep bZ4X.

Toyota bZ4X Concept. (Carscoops)

Nusantaratv.com - Volkswagen (VW) menyerahkan posisi teratas sebagai perusahaan otomotif dengan penjualan terbesar di dunia kepada Toyota. Pabrikan otomotif asal Jerman itu mengaku tidak lagi berminat bersaing dengan Toyota.

"Saat ini kami tidak ada lagi target untuk menjadi pabrikan otomotif terbesar di dunia dalam kategori volume penjualan," kata Volkswagen Head of Passenger Car, Christian Vollmer, dikutip dari Carscoops, Selasa (4/5/2021).

Persaingan Volkswagen dan Toyota diketahui sudah berlangsung selama satu dekade terakhir. Keduanya secara bergantian berada di posisi puncak sebagai perusahaan otomotif dengan jumlah penjualan mobil terbesar di dunia.

Tahun lalu, Toyota berhasil menjadi yang terbaik dengan penjualan sebesar 9,53 juta unit. Volkswagen ada di posisi kedua dengan total penjualan 9,31 juta unit. Capaian itu menggagalkan dominasi Volkswagen yang selalu berada di puncak dari 2016 hingga 2019.

Vollmer menyebut saat ini landscape otomotif dunia sudah jauh berubah. Perkembangan elektrifikasi membuat perusahaan otomotif tidak lagi fokus pada total volume penjualan. Mereka juga harus berinovasi melakukan temuan-temuan baru dalam pengembangan mobil listrik.

Baca Juga: Toyota Akuisisi Divisi Self-Driving Milik Lyft Senilai Rp7,9 Triliun

Kendati bukan pabrikan mobil pertama yang membuat platform listrik, tapi Volkswagen termasuk di antara produsen mobil besar awal yang menjual sejumlah kendaraan listrik (electric vehicle) di pasar massal. Perusahaan meluncurkan beragam mobil dengan nama Volkswagen ID, seperti ID.3 dan ID.4.

Begitu juga dengan Porsche yang telah merilis mobil listrik, Porsche Taycan. Audi dengan divisi e-Tron juga telah merilis mobil listrik mereka. Sebaliknya Toyota justru masih terkesan lambat dalam menghasilkan mobil listrik.

Toyota belum lama ini memperkenalkan Toyota bZ, yang menjadi seri kendaraan listrik baterai (BEV) yang baru pada Senin (19/4/2021). Pabrikan otomotif asal Jepang itu diketahui menghadirkan versi konsep Toyota bZ4X sebagai model pertamanya di perhelatan otomotif Auto Shanghai 2021, di China.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK