Unjuk Rasa di Jalan-jalan Kenosha Saat Trump Berkunjung

Massa menolak kehadiran Trump di Wisconsin, wilayah yang dimenangkannya pada pemilihan presiden 2016
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 03-09-2020 14:50 WIB

Demonstran turun ke jalan Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat  pada Selasa (1/9/2020). Mereka protes ketika Presiden Donald Trump menentang penolakan mengunjungi kota yang diguncang oleh kerusuhan pasca seorang perwira kulit putih menembak seorang pria kulit hitam. 

Saat Amerika Serikat terpolarisasi atas masalah ketidakadilan rasial dan penggunaan kekerasan oleh polisi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan dukungan untuk penegakan hukum di Kenosha. Menarik basis pendukung kulit putihnya dengan pesan "hukum dan ketertiban" menunjukkan ia memotong arah pimpinan ala Joe Biden/ pesaingnya dalam pemilihan. 

Namun di sisi lain Trump mengabaikan luka rasial yang disebabkan oleh penggunaan kekuatan polisi dan mengecilkan lebih dari 180.000 kematian AS akibat pandemi virus corona. 

Trump tidak mengunjungi Jacob Blake yang lumpuh dari pinggang ke bawah setelah seorang polisi kulit putih menembaki punggungnya tujuh kali pada 23 Agustus lalu. Dia juga tidak bertemu dengan keluarga Blake tetapi bertemu dengan pendeta ibunya. 

Dia berjanji untuk membangun kembali Kenosha dan memberikan lebih banyak pengeluaran Federal ke Wisconsin negara bagian medan pertempuran politik yang dimenangkan trump dengan tipis pada tahun 2016.

Sebagian besar negara telah berpihak pada hak-hak sipil sejak George Floyd, seorang pria kulit hitam yang meninggal pada 25 Mei lalu. Setelah seorang petugas polisi kulit putih menekan leher Floyd dengan lututnya. Negara itu memperhitungkan kasus itu ketika Blake ditembak saat dia memasuki mobilnya pada 23 Agustus lalu.

Kenosha telah menjadi salah satu kota di mana demonstran anti-rasis bentrok dengan pendukung Trump yang berkumpul di lokasi protes. 

Nusantara Siang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 11.30 WIB hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0