Senat AS Janji Berikan Suara Untuk Pemilihan Mahkamah Agung

Pemimpin mayoritas Senat Mitch Mcconnell menuduh Partai Demokrat bertindak dengan itikad buruk terhadap calon Mahkamah Agung...
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 22-09-2020 21:03 WIB

Presiden Donald Trump mengumumkan keputusan Mahkamah Agung AS untuk mengisi kursi ikon liberal Ruth Bader Ginsburg dan memperkuat mayoritas konservatif menjelang November. Trump mengatakan dia akan mengajukan calonnya dan meminta senat untuk memberikan suara sebelum pemilihan presiden.

Pemimpin mayoritas Senat, Mitch Mcconnell mengatakan akan mengantarkan pemungutan suara tahun ini meskipun dia tidak mengatakan secara pasti kapan. Dalam pidatonya di lantai senat di mana dia juga menuduh demokrat bertindak dengan itikad buruk terhadap calon Mahkamah Agung Trump.

Partai Republik memegang mayoritas 53-47 di Senat tetapi dua senator Republik, Susan Collins dan Lisa Murkowski dari Alaska, pada akhir pekan mengatakan bahwa majelis tidak boleh bergerak maju dengan calon Trump sebelum pemilihan.

Mcconnell punya waktu karena kongres baru tidak akan dilantik hingga 3 Januari. Demokrat berharap untuk memenangkan kendali senat dalam pemilihan.

Partai Demokrat menuduh Mcconnell munafik karena ingin mengantarkan calon Trump ke pemungutan suara. Pada 2016, dia bahkan menolak untuk mempertimbangkan calon presiden Demokrat, Barack Obama untuk mengisi kekosongan di pengadilan yang ditinggalkan oleh kematian hakim konservatif, Antonin Scalia, dengan mengatakan itu tidak pantas untuk dilakukan selama tahun pemilihan.

Trump telah menunjuk dua hakim konservatif ke pengadilan tinggi, Neil Gorsuch dan Brett Kavanaugh.

Pemimpin Senat Demokrat, Chuck Schumer mengatakan pemungutan suara apa pun harus dilakukan tahun depan, ketika Trump akan memulai masa jabatan kedua atau penantangnya dari Partai Demokrat, Joe Biden, akan menjabat.

Nusantara Siang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 11.30 WIB hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0