Pos Dan Telekomunikasi Dukung Percepatan Transformasi Digital

Sektor pos dan telekomunikasi memiliki peran penting untuk menjembatani krisis percepatan transformasi digital nasional
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 29-09-2020 20:47 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menekankan pentingnya sektor pos dan telekomunikasi atau postel dalam mempercepat terwujudnya transformasi digital di Indonesia.

Dalam upacara peringatan Hari Bhakti ke-75 Postel bertajuk ‘Transformasi Digital Untuk Indonesia Maju di Gedung Kemenkominfo. Jakarta, Senin (28/9/2020). Menkominfo, Johnny G Plate mengatakan sektor postel memiliki peran penting untuk menjembatani krisis percepatan transformasi digital nasional.

Johnny mengatakan salah satu indikator kesuksesan transformasi digital yakni perluasan akses informasi dan internet. Dia menyebut percepatan transformasi digital ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Politikus Nasdem itu mengungkapkan Presiden ingin akses internet dan informasi diperluas terutama di wilayah tiga t yakni tertinggal, terdepan dan terluar. Kemudian meningkatkan pembangunan infrastruktur digital dan pembuatan integrasi pusat data nasional serta menyiapkan payung hukum dan skema pembiayaan.

"Sektor postel memiliki peran penting menjadi solusi menjembatani penanganan krisis percepatan transformasi digital nasional. Untuk diimplementasikan sesegera mungkin, sesuai arahan Presiden Jokowi 5 fokus utama percepatan akselerasi digital nasional, pembuatan integrasi nasional, penyiapan sumber daya manusia atau talenta digital, yang kelima percepatan regulasi payung hukum dan skema pembiuaan dan pendanaan. sejalan dengan itu. Kominfo secara serius mendorong percepatan tranfomasi digital Indonesia melaui 4 pendekatan. yaitu 4G digital 3t, pengembang aman, tersedianya wifi di daerah tertinggal bersama-sama menuju tranformasi digital. Pengembangan SDM dengan jumlah memadai dan bekelanjutan. keempat penuntasan legislasi primer bidang telekomunikasi, informatika dan arus data lintas negara. saat ini proses politik payung hukum legislasi primer sedang berlangsung," kata Johnny G Plate.

Hari Bhakti Postel merupakan momen peringatan Indonesia  mengambil alih jawatan pos, telegraf dan telepon, PTT dari kekuasaan pemerintah Jepang. Putra-putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegraf dan Telepon (AMPTT) berhasil merebutnya pada 27 September 1945.

Nusantara Siang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 11.30 WIB hanya di Nusantara TV


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0