DPR RI Dan Pemerintah Ingin Proses Digitalisasi Dipercepat

Dengan adanya digitalisasi distribusi dan penayangan konten media tidak dimonopoli media besar saja
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 14-09-2020 19:01 WIB

Badan Legislasi Nasional DPR melanjutkan pembahasan DIM RUU Cipta Kerja terkait materi pos telekomunikasi dan penyiaran. Rapat lanjutan yang dipimpin Wakil Ketua Baleg, Willy Aditya ini dihadiri Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika, Profesor Ramli  yang menekankan upaya mempercepat proses digitalisasi.
 
Sektor Kominfo dalam klaster RUU Cipta Kerja merujuk pada Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pos, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan menyebutkan proses digitalisasi penyiaran harus lebih cepat. Karena Indonesia sudah tertinggal selama 10 tahun dalam melakukan analog switch off. Ia mempertanyakan  harus sampai kapan Indonesia masuk era digital jika proses digitalisasi ditunda kembali. Diketahui era digital memberikan banyak keuntungan untuk segala bidang bukan hanya penyiaran. Farhan mencontohkan dengan adanya digitalisasi distribusi dan penayangan konten media tidak dimonopoli media besar saja.
 
Hal senada diungkapkan  Anggota Komisi VI DPR RI, Sondang Tiar Debora Tampubolon. Ia mengatakan  proses Undang-Undang Penyiaran harus cepat diselesaikan dengan melakukan analog switch off. Ia juga mengapresiasi pemerintah  yang mempercepat transformasi digital dengan jangka waktu 2 tahun. Menurutnya saat analog switch off telah dilakukan, frekuensi yang dimiliki oleh penyiaran analog dapat digunakan untuk penanggulangan kebencanaan pertahanan keamanan dan percepatan digitalisasi di Indonesia.
 
Sementara, Dirjen PPI Kemenkominfo, Profesor Ramli mengatakan DIM sudah disepakati namun ada 1 DIM yang tertinggal terkait 

Dijangka waktu analog switch off. Ia juga berharap agar UU Digitalisasi dapat segera terwujud.
 
Diketahui, dalam Rancangan Undang-undang no 5761 pasal 60 a disebutkan, penyelenggaraan penyiaran dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan teknologi termasuk migrasi penyiaran dari teknologi analog ke teknologi digital.

Peran digitalisasi sangat dibutuhkan untuk semua sektor bukan hanya penyiaran. Ada sektor UMKM  dan ekonomi lainnya. 

Nusantara Siang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 11.30 WIB hanya di Nusantara TV
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0