"Sudah Jatuh Tertimpa Tangga" Nasib Pedagang Pasar di Masa Pandemi Covid-19

Berbulan-buan didera penurunan omzet sekitar 60 sampai 70 persen, pedagang pasar mengharapkan stimulus ekonomi dari pemerintah
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 15-09-2020 13:53 WIB

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat di DKI Jakarta mengharuskan warga ibu kota tetap berada di rumah alias bekerja, belajar dan beribadah. Hal tersebut berdampak kepada aktivitas jual beli di pasar. Dan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPI) mengaku terpukul dengan kebijakan ini. Sesuai data yang dihimpun selama PSBB para pedagang pasar mengalami penurunan omzet sekitar 60 hingga 70 persen. 

Dampak kebijakan PSBB Ketat menjadi pembahasan dalam sesi DIALOG PETANG dari program berita Nusantara Petang yang disiarkan Nusantara TV yang dipandu Host, Tasya Felder bersama narasumber Ketua Bidang Infokom DPP IKAPI, Reynaldi Sarijowan.

Sejak Maret hingga September IKAPI tak henti-henti melakukan himbauan dengan panduan protokol kesehatan yang telah dibuat dan disebar ke seluruh anggota di DKI Jakarta dan seluruh Indonesia.
Panduan protokol kesehatan yang dibuat oleh IKAPI sangat mudah untuk dimengerti. Para pedagang pasar kurang paham dengan kalimat-kalimat social distancing. IKAPI menggunakan kalimat-kalimat yang lebih mudah dipahami seperti jaga jarak aman dan sebagainya. 

IKAPI mengakui pedagang pasar memang agak sulit untuk mematuhi protokol kesehatan. Namun IKAPI tidak berhenti untuk mengajak, mengayomi. Bahkan IKAPI juga memberi sanksi tegas kepada para anggotanya yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

Setelah berbulan-bulan didera penurunan omzet, IKAPI berharap pemerintah memberikan stimulus ekonomi baik fiskal maupun non-fiskal kepada pedagang pasar. Karena ibaratnya "sudah jatuh tertimpa tangga". 

Nusantara Petang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 17.30 hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
1
angry
0
sad
0
wow
0