Selandia Baru Akan Mencabut Pembatasan Virus Corona

Berhasil meredam penyebaran covid-19, pemerintah Selandia Baru siap cabut pembatasan sosial
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 15-09-2020 16:35 WIB

Pemerintahan kabinet Selandia Baru akan membahas pencabutan pembatasan sosial dari virus corona pada 21 September mendatang. Jika disetujui maka pencabutan pembatasan akan mulai berlaku 23 September. Hingga kini, Selandia Baru mencatatkan jumlah kasus menjadi seribu 447 dan 24 kematian.

Selandia Baru akan mencabut pembatasan virus corona di seluruh negeri dalam satu minggu, kecuali di kota terbesarnya, Auckland. Kota yang merupakan episentrum gelombang kedua infeksi virus. 

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan pembatasan Auckland akan ditinjau Senin depan (21 September). Dia juga mengatakan pemerintah akan segera meringankan semua persyaratan jarak fisik di pesawat. Terutama untuk New Zealand Air yang harus membatasi penumpang di pesawatnya selama berbulan-bulan.

Ia juga menekankan masker masih wajib digunakan di semua angkutan umum.

Selandia Baru, negara berpenduduk lima juta tampaknya telah berhasil menghentikan penularan virus covid-19. Tetapi wabah baru di Auckland pada Agustus mendorong pemerintah untuk mengembalikan kota itu ke dalam isolasi.

Ardern yang menghadapi pemilihan umum pada 17 Oktober mengurangi pembatasan bulan ini. Tetapi kotanya masih di bawah level siaga 2 koma 5 yang berarti pertemuan sosial lebih dari 10 orang tidak diperbolehkan.

Kabinet Ardern akan meninjau aturan saat ini di Auckland pada pertemuan 21 September dengan maksud untuk meningkatkan batas pengumpulan jika situasi tetap stabil. Perubahan itu jika terjadi akan berlaku pada 23 September.

Selandia Baru pada Senin (14/9/2020) melaporkan satu kasus baru virus corona, menjadikan jumlah total kasus menjadi 1.447 dan 24 kematian.

Nusantara Petang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 17.30 hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0