Prabowo Subianto Harus Segera Nyatakan Sikap Terkait Kasus Edhy Prabowo

Ray Rangkuti menyatakan Partai Gerindra harus segera menjelaskan kepada publik bahwa mereka tidak berada di belakang kasus...
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 26-11-2020 23:40 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menyusul penetapan dirinya sebagai tersangka Edhy Prabowo pun telah mengundurkan diri dari Partai Gerindra dan Menteri KKP. 

Lalu bagaimana dampaknya terhadap Partai Gerindra?

Topik menarik ini diulas tuntas oleh Host Tasya Felder bersama narasumber Pengamat Politik Ray Rangkuti dalam  Dialog Nusantara Petang yang disiarkan Nusantara TV, Kamis (26/11/2020). 

Ray Rangkuti menyatakan Partai Gerindra harus segera menjelaskan kepada publik bahwa mereka tidak berada di belakang kasus ini. Bahwa Partai Gerindra sangat tidak menyetujui tindakan seperti ini. 

Sebab masih segar dalam ingatan publik bagaimana komitmen Prabowo Subianto dalam pemberantasan korupsi saat mencalonkan diri sebagai Presiden pada 2019 lalu. Ketika itu,  jelas-jelas Prabowo Subianto mengatakan akan mengantarkan sendiri kadernya  kalau mereka melakukan tindak pidana korupsi. Komitmen itu harus dibuktikan oleh Prabowo Subianto. 

Ditangkapnya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sudah menciderai nama besar Gerindra. Apalagi kalau kemudian tidak ada upaya yang memperlihatkan ketidaksukaan, kemarahan terhadap pelanggaran hukum yang dilakukan kadernya tersebut.

Orang akan bertambah ketidakpercayaannya terhadap komitmen anti korupsi yang digaungkan Partai Gerindra. Jadi tidak ada pilihan lain kecuali Gerindra memperlihatkan sikap mereka yang kecewa marah terhadap kejadian ini.

Tetapi kalau mereka memaklumi justru akan menambah ketidakpercayaan publik. 

Sampai saat ini nama Prabowo Subianto masih cukup populer jika dibandingkan dengan kandidat-kandidat lain untuk pencalonan  presiden 2024. 

Artinya kalau tidak ada sikap yang jelas terhadap situasi ini, tentu akan memukul nama baik Partai Gerindra dan mungkin juga akan berpengaruh buruk terhadap popularitas Prabowo Subianto.

Harusnya dalam satu-dua hari setelah peristiwa penangkapan ini, Prabowo Subianto berpidato  menyampaikan pandangannya terhadap peristiwa ini. 

Hal ini ditunggu-tunggu publik. Kalau terlalu lama akan terjadi sebaliknya. Orang akan mempertanyakan komitmen Prabowo Subianto terhadap pemberantasan korupsi itu terwujud atau tidak di lapangan. 

Bagaimana dampak penangkapan Edhy Prabowo terhadap elektabilitas Partai Gerindra pada Pemilu 2024?

Menurut Ray, tertangkapnya Edhy Prabowo dalam kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster jelas akan memukul. Karena bagaimanapun juga isu korupsi merupakan isu tertinggi yang akan mempengaruhi pemilih. Makanya isu ini selalu mencuat jelang pemilihan di tingkat daerah maupun nasional. Meskipun isu komitmen anti korupsi hanya sekadar jualan yang belum tentu direalisasi tidak menjadi pegangan para calon tapi isu gerakan anti korupsi itu adalah isu yang paling diminati para pemilih. 

Ini adalah isu ikon untuk mendapatkan suara pemilih. 

Jadi kalau partai atau kandidat bersikap permisif terhadap tindak pidana korupsi mereka mengurangi jumlah pemilihnya 

Karena itu persoalan korupsi harus cepat disikapi. JIka tidak akan menjadi catatan publik pada 2024. 

Nusantara Petang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 17.30 hanya di Nusantara TV  

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0