Kunci Pengendalian Covid-19 Adalah Isolasi dan Karantina

Meningkatnya jumlah positif covid-19 di Indonesia dikarenakan meningkatnya kapasitas testing
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 26-10-2020 23:56 WIB

Libur panjang dikhawatirkan menimbulkan klaster baru terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan liburan. Pemerintah terus berupaya mengantisipasi terjadinya klaster baru libur panjang.

Topik ini menjadi pembahasan Host Tasya Felder bersama narasumber Epidemiolog Dr. Masdalina Pane, M.Si (Han) dalam sesi Dialog Petang dari program Nusantara Petang di Nusantara TV, Senin (26/10/2020).

Perbincangan dilakukan secara daring karena Tasya berada di NTV News Studio Jakarta, sementara Dr Masdalina Pane, M.Si berada di Ambon, Maluku.

Ada hubungan yang linier antara penekanan mobilitas masyarakat dengan penurunan covid-19 dan keamtian akibat covid-19. Tetapi sebentar lagi masyarakat Indonesia akan menikmati libur panjang, selama lima hari mulai Rabu (28/10/20200 hingga Minggu (1/11/2020).

Dari hasil penelitian terjadi peningkatan sekitar 50 bakan sampai 100 persen angka positif covid-19 saat libur panjang sebelumnya. KIra-kira dalam libur panjang kali ini akan terjadi peningkatan berapa persen?

Dr Masdalina M.Si (Han) menyebutkan DKI Jakarta memang telah melakukan evaluasi beberapa hal. Yang pertama tentang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga tentang libur panjang pada Agustus lalu.

Memang logis ada peningkatan tetapi pada saat itu kapasitas pengujian kita juga meningkat. Linierisasi itu dikarenakan kapasitas testing kita yang meingkat. Kalau saja kapasitas testingnya sama dengan yang lalu, maka jumlah kasusnya juga akan sama. Kapasitas testing kita akan terus meningkat. Jadi walaupun tanpa ada libur panjang, jumlah kasus akan semakin banyak karena makin banyak masyarakat yang mendapat akses untuk pemeriksaan diri.

Dalam satu bulan terakhir jumlah kasus kita rata-rata 4.000-an per hari Jadi kapasitas testing lebih banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah kasus covid-19 di Indonesia.

Sebenarnya upaya utama dalam pengendalian covid-19 adalah isolasi dan karantina. 

Karena itu bagi masyarakat yang bepergian pada libur panjang kali ini kami anjurkan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.  

Nusantara Petang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 17.30 hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0