Kapal Turki Kembali, Bukan Tanda Mundur Dari Perselisihan Dengan Yunani

Berebut wilayah yang kaya akan energi, Turki dan Yunani siap angkat senjata
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 15-09-2020 14:05 WIB

Kapal penelitian Seismik Turki Oruc Reis kembali ke perairan dekat provinsi selatan Antalya, pada Minggu (13/9/2020). Namun Menteri Pertahanan Turki membantah jika disebut sebagai langkah mundur dalam perselisihan dengan Yunani.

Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menyebut kembalinya kapal penelitian Seismik Turki Orus Reis ke perairan Turki sebagai bagian dari rencana yang dijadwalkan. Bukan sebagai langkah mundur dari perselisihan dengan Yunani.

Anggota NATO Turki dan Yunani memiliki klaim yang tumpang tindih atas landas kontinen dan hak atas sumber daya energi potensial di mediterania timur.

Ketegangan berkobar bulan lalu setelah Ankara mengirim Oruc Reis untuk memetakan kemungkinan prospek pengeboran minyak dan gas di perairan yang diklaim oleh Yunani, Siprus dan Turki.

Data pelacakan kapal Refinitiv menunjukkan Oruc Reis bersama dengan dua kapal yang menyertainya telah berlabuh di lokasi di lepas pantai Antalya pada hari Minggu.

Nusantara Petang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 17.30 hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0