Tak Percaya Hasil Tes, Warga Ngotot Makamkan Sendiri  Jenazah Reaktif Covid-19

Upaya satgas untuk melaksanakan pemakaman sesuai protokol kesehatan sia-sia. Bahkan hari itu juga pihak keluarga menyuruh...
Ramses Rianto Manurung - Video, Rabu, 25-11-2020 16:55 WIB

Jenazah HS yang hasil rapid testnya reaktif covid-19 dimakamkan keluarga dan masyarakat serta didampingi oleh Pemuda Batak Bersatu tanpa protokol kesehatan dan tanpa didampingi oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Toba. Tindakan ini dilakukan sebab keluarga tidak percaya dengan hasil rapid test yang telah dikeluarkan oleh pihak RSUD Porsea. 

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bersama TNI- Polri sebelumnya telah memerintahkan pihak keluarga agar jenazah HS dikebumikan hari itu juga jangan sampai bermalam di rumah duka karena dikhawatirkan akan menularkan wabah covid-19 kepada khalayak ramai.

Namun upaya satgas untuk melaksanakan pemakaman sesuai protokol kesehatan sia-sia. Bahkan hari itu juga pihak keluarga menyuruh mobil ambulans yang disediakan oleh Satgas untuk kembali pulang.

Hasil reaktif rapid test terhadap jenazah HS  dibenarkan oleh pihak RSUD Porsea setelah almarhum sebelumnya mendapat perawatan di rumah sakit tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Porsea, Anthoni Manurung mengatakan semula pada tanggal 22 November 2020, almarhum hs menjadi pasien di rumah sakit tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan dengan rapid test ternyata hasilnya reaktif. Kemudian pada pukul 20.30 WIB malam pasien meninggal dunia. Namun pihak keluarga menolak bahwa pasien meninggal disebabkan oleh covid - 19 sehingga menolak pemakaman dengan protokol kesehatan.

Dan seperti terlihat pada Selasa (24/11/2020) sore pemakaman terhadap jenazah HS dilakukan tanpa alat pelindung diri sehingga memungkinkan penularan covid- 19. 

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0