Satu Warganya Tewas, Azerbaijan Ancam Hancurkan Militer Armenia

Armenia dan Azerbaijan mengabaikan seruan Rusia, Amerika Serikat, Prancis dan Uni Eropa untuk gencatan senjata
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 05-10-2020 16:07 WIB

Konflik bersenjata karena perebutan wilayah antara Armenia dengan Azerbaijan semakin sengit. Pada Minggu (4/10/2020), pasukan Armenia menembakkan roket yang menewaskan warga Azerbaijan. Kontan, Azerbaijan mengancam nakan menghancurkan instalasi militer Armenia.

Serangan Armenia ke kota Azerbaijan menandai peningkatan tajam perang di Kaukasus Selatan yang pecah satu minggu lalu. 

Hingga saat ini, pertempuran utama terjadi antara Azerbaijan dan Nagorno-Karabakh daerah kantong etnis Armenia di dalam Azerbaijan. Tetapi sekarang pertempuran tersebut berkembang menjadi perang langsung dengan Armenia sendiri. 

Pembantu Presiden, Hikmet Hajiyev mengatakan ada juga korban sipil di wilayah Azeri lainnya, Beylagan yang berbatasan dengan Nagorno-Karabakh.

Namun Armenia membantah telah mengarahkan tembakan "apapun" ke Azerbaijan. Pemimpin Nagorno-Karabakh mengatakan pasukannya telah menargetkan pangkalan udara militer di Ganja tetapi kemudian berhenti menembak untuk menghindari korban sipil.

Pertempuran yang meletus satu minggu lalu antara Azeri dan pasukan etnis Armenia telah meningkat dalam dua hari terakhir dan menyebar jauh ke luar wilayah Karabakh yang memisahkan diri.

Kota Ganja dengan populasi 335.000 terletak sekitar 100 km  di utara ibu kota Karabakh Stepanakert dan 80 km dari kota Vardenis di Armenia. Azerbaijan sebelumnya menuduh Armenia menembak ke wilayahnya dari Vardenis dan Yerevan membantahnya.

Armenia mengatakan Azerbaijan telah menggunakan bandara di Ganja sebagai pangkalan pesawat tempurnya untuk melakukan serangan bom di Nagorno-Karabakh. 

Masing-masing pihak menuduh pihak lain menargetkan warga sipil. 

Mengabaikan seruan dari Rusia, Amerika Serikat. Prancis dan Uni Eropa untuk menyerukan gencatan senjata, pihak-pihak yang berlawanan telah meningkatkan permusuhan selama akhir pekan dengan peningkatan retorika agresif yang menyertainya.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV 
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0