Sadis! 43 Petani di Nigeria Dibantai Militan Pemberontak

Presiden Muhammadu Buhari mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan "seluruh negeri terluka." 
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 01-12-2020 16:25 WIB

Penduduk desa di timur laut negara bagian Borno, Nigeria pada Minggu (29/11/2020) menguburkan 43 petani yang tewas dalam serangan yang diduga dilakukan militan Islamis. Sementara itu pasukan keamanan mencari puluhan orang yang masih hilang.

Sekitar 30 orang tewas dipenggal dalam serangan yang dimulai pada Sabtu (28/11/2020) pagi di Desa Zabarmari di negara bagian Borno, Nigeria Timur Laut. Warga mengatakan total 70 orang dikhawatirkan tewas. 

Meskipun tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab, pembantaian semacam itu telah dilakukan di masa lalu oleh Boko Haram atau negara Islam provinsi Afrika Barat, Iswap. Keduanya aktif di wilayah tersebut  di mana dalam dekade terakhir militan Islam telah menewaskan sedikitnya 30.000 orang.

Presiden Muhammadu Buhari mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan "seluruh negeri terluka." 

Di Zabarmari  puluhan pelayat mengerumuni jenazah yang dibungkus kain kafan dan diletakkan di atas palet kayu saat para ulama memimpin doa untuk para jenazah.

Seorang warga dan Amnesty International mengatakan 10 wanita termasuk di antara mereka yang hilang.

Gubernur negara bagian Borno, Babagana Zulum berbicara di penguburan meminta pemerintah federal untuk merekrut lebih banyak tentara anggota satgas gabungan sipil dan pejuang pertahanan sipil untuk melindungi petani di wilayah tersebut.

Dia mengatakan orang-orang dihadapkan pada pilihan putus asa - tinggal di rumah dan mati kelaparan atau meninggalkan tanah pertanian mereka dan dibunuh oleh pemberontak.

Harga pangan di Nigeria telah meningkat secara dramatis selama setahun terakhir didorong oleh banjir, penutupan perbatasan dan ketidakamanan di beberapa daerah penghasil pangan. 

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0