RS Covid-19 di Rumania Terbakar, 10 Orang Tewas

Rumania memiliki salah satu infrastruktur perawatan kesehatan yang paling tidak berkembang di Uni Eropa
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 16-11-2020 15:55 WIB

Sebuah rumah sakit yang khusus merawat pasien covid-19 di Rumania terbakar, Sabtu (14/11/2020). Kebakaran terjadi di unit perawatan intensif rumah sakit daerah Piatra Neamt dan menyebar ke kamar sebelah. Belum jelas apa yang memicu kebakaran tersebut. Badan Darurat Negara Rumania melaporkan sepuluh orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Kebakaran ini mengakibatkan sepuluh orang tewas di tempat dan  tujuh orang lainnya terluka dan dalam kondisi kritis termasuk dokter jaga. 

Pemerintah pada Minggu (15/11/2020) mengatakan inspektur kesehatan masyarakat dan badan untuk situasi darurat akan memeriksa kondisi peralatan medis yang beroperasi di semua unit perawatan intensif.

Pada Minggu tercatat hampir 13.000 pasien covid-19 berada di rumah sakit di seluruh Rumania termasuk 1.169 di unit perawatan intensif. Negara itu telah melaporkan 360.281 kasus virus corona sejak Februari dan 8.926 kematian. 

Bahkan sebelum pandemi, sistem perawatan kesehatan Rumania berada di bawah tekanan dirundung oleh korupsi, inefisiensi dan manajemen yang dipolitisasi. 

Rumania memiliki salah satu infrastruktur perawatan kesehatan yang paling tidak berkembang di Uni Eropa. Satu dari empat orang Rumania tidak memiliki akses yang memadai ke perawatan kesehatan esensial karena puluhan ribu dokter, perawat dan apoteker telah pergi sejak negara itu bergabung dengan Uni Eropa  pada tahun 2007.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV   
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0