Raja Thailand Tulis Pesan Cinta Untuk Demonstran

Pada foto pasangan kerajaan bersama yang diserahkan kepadanya oleh salah satu simpatisan, dia menulis: "Cintai bangsa, cintai...
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 12-11-2020 17:15 WIB

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn pada Selasa (10/11/2020) menulis pesan persatuan dan cinta nasional. Hal ini dilakukan raja dua hari setelah pecahnya demonstrasi menuntut reformasi kerajaan untuk mengurangi kekuasaannya. 

Raja ditemani oleh Ratu Suthida sedang mengunjungi Provinsi timur laut Udon Thani di mana ratusan pendukung datang untuk menyambutnya. 

Istana kerajaan tidak berkomentar selama berbulan-bulan protes. Setiap komunikasi dari raja diawasi dengan cermat di negara Asia Tenggara ini. 

Saat berjalan-jalan dengan ratu, dia menulis pesan di belakang potret dirinya. Kepada Gubernur Provinsi Udon Thani ia menulis: "Terima kasih atas cinta dan dukungan anda. Kami perlu peduli dengan negara melindungi rumah kami dengan kebaikan agar negara menjadi Thailand yang bahagia dan indah." 

Pada foto pasangan kerajaan bersama yang diserahkan kepadanya oleh salah satu simpatisan, dia menulis: "Cintai bangsa, cintai rakyat, hargai Thainess, kebahagiaan sejati." 

Minggu lalu, pada 8 november, ribuan pengunjuk rasa berbaris ke Grand Palace di Bangkok menuntut perubahan. 

Aksi unjuk rasa warga ini menghancurkan tabu lama tentang mengkritik monarki. Mereka juga ingin melihat mantan pemimpin junta Prayuth Chan-ocha mundur atau dipecat sebagai perdana menteri, selain menuntut  konstitusi baru dan reformasi yang akan mengurangi kekuasaan raja.  

Dalam satu kesempatan, raja membuat komentar singkat pertamanya tentang para pengunjuk rasa. Ia mengatakan "kami mencintai mereka semua sama" dan menggambarkan Thailand sebagai tanah kompromi. 

Sementara, Perdana Menteri Prayuth mengatakan dia tidak akan mengundurkan diri dan menolak tuduhan bahwa dia merekayasa pada pemilihan tahun lalu untuk mempertahankan kekuasaan yang dia rebut dalam kudeta 2014.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV  

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0