Paris Rusuh, Demonstran Bakar Gedung Bank of France

Insiden tersebut juga memicu kemarahan atas Rancangan Undang-undang yang dianggap mengekang hak jurnalis untuk melaporkan...
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 30-11-2020 16:25 WIB

Cabang Bank of France di Paris pada Sabtu (28/11/2020) malam, dibakar pengunjuk rasa yang berdemonstrasi menentang kekerasan polisi. Polisi menembakkan gas air mata dan granat kejut setelah pengunjuk rasa bertopeng meluncurkan kembang api ke barisan mereka, memasang barikade dan melempar batu.

Mayoritas dari ribuan pengunjuk rasa berbaris dengan damai tetapi beberapa kelompok kecil bentrok dengan polisi. Dua mobil sepeda motor dan bahan bangunan dibakar yang menghasilkan awan asap hitam yang terlihat dari jarak bermil-mil. 

Ribuan orang juga berunjuk rasa di Lille, Rennes, Strasbourg dan kota-kota lain.

Protes tersebut menyusul publikasi gambar cctv minggu ini tentang pemukulan produser musik kulit hitam Michel Zecler selama satu menit oleh tiga petugas polisi di paris pada 21 November lalu.

Insiden tersebut juga memicu kemarahan atas Rancangan Undang-undang yang dianggap mengekang hak jurnalis untuk melaporkan kebrutalan polisi. 

RUU tersebut akan menjadikannya kejahatan bagi yang mengedarkan gambar petugas polisi dalam keadaan tertentu yang menurut penentang akan membatasi kebebasan pers. 

Gambar Zecler sedang dipukuli oleh polisi telah beredar luas di media sosial dan di pers Prancis dan asing.

Presiden Emmanuel Macron pada Jumat (27/11/2020 mengatakan  bahwa gambar-gambar itu memalukan bagi Prancis. 

Empat petugas polisi ditahan untuk diinterogasi sebagai bagian dari penyelidikan atas pemukulan tersebut.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0