Lereng Gunung Ile Lewotok Dibanjiri Gas Beracun, 2700 Penduduk Diungsikan

Badan Mitigasi Bencana mengatakan letusan gunung  memuntahkan abu dan asap setinggi empat kilometer ke langit dan memaksa...
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 30-11-2020 15:55 WIB

Gunung Ile Lewotolok sebuah gunung berapi di Pulau Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur meletus pada Minggu (29/1/2020). Badan Mitigasi Bencana mengatakan letusan gunung  memuntahkan abu dan asap setinggi empat kilometer ke langit dan memaksa lebih dari 2.700 penduduk untuk mengungsi. 

Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati mengatakan letusan dari gunung berapi Ile Lewotolok telah menyebabkan kepanikan di antara mereka yang tinggal di sekitarnya. Sekitar 2.780 orang dari 26 desa telah mengungsi  dan  sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Situs Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) mengatakan bahwa daerah di dekat gunung berapi kemungkinan besar akan dibanjiri dengan awan panas, aliran lava, longsoran lava dan gas beracun. 

Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan status gunung berapi itu dinaikkan ke tingkat tertinggi kedua pada sistem peringatan empat tingkat karena ancaman yang meningkat. 

Indonesia memiliki hampir 130 gunung berapi aktif lebih banyak dari negara lain. Dan meski banyak yang menunjukkan tingkat aktivitas tinggi namun aktivitas tersebut  bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelum letusan.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0