Kelompok Islam Bentrok dengan Polisi Pakistan

Para pengunjuk rasa menyerang polisi dengan batu bata, batu dan tongkat. Wakil Presiden TLP Zaheer-Ul-Hasan mengatakan bahwa...
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 17-11-2020 17:55 WIB

Ribuan pendukung partai Islam garis keras bentrok dengan polisi di jalan utama menuju ibu kota Pakistan menyusul protes atas penayangan kartun Nabi Muhammad baru-baru ini di Prancis. Beberapa orang terluka akibat bentrokan tersebut.

Para pengunjuk rasa dari Partai Tehrik-I-Labaik Pakistan (TLP) menyerukan penghujatan menuntut pemerintah memutuskan hubungan diplomatik dengan Prancis dan mengusir duta besarnya. Pemerintah belum menanggapi tuntutan mereka. 

Polisi memblokir para demonstran saat mereka berusaha memasuki Islamabad. Beberapa orang meneriakkan bahwa satu-satunya hukuman bagi seorang penghujat adalah pemenggalan kepala.

Para pengunjuk rasa menyerang polisi dengan batu bata, batu dan tongkat. Wakil Presiden TLP Zaheer-Ul-Hasan mengatakan bahwa puluhan pengunjuk rasa terluka dalam bentrokan itu.

Hampir 2.000 pengunjuk rasa telah berkemah di pintu masuk utama kota dan menolak untuk pergi.  

Protes meletus di beberapa negara muslim atas tanggapan Prancis terhadap serangan mematikan bulan lalu terhadap seorang guru yang memperlihatkan kartun yang mengejek Nabi Muhammad kepada murid-muridnya selama pelajaran kewarganegaraan. Bagi muslim penggambaran nabi adalah penghujatan. Sementara pejabat Prancis mengatakan pemenggalan itu merupakan serangan terhadap nilai inti kebebasan berekspresi Prancis. 

Ada sejarah reaksi kekerasan terhadap dugaan insiden penistaan ​​di Pakistan di mana penghinaan terhadap Nabi Muhammad diancam hukuman mati.

Pemerintahan Islamabad pada Senin (16/11/2020) memblokir sebagian besar jalan utama ke kota serta sinyal telepon seluler untuk mencegah pengunjuk rasa berkumpul kembali  sebuah langkah yang melumpuhkan ibu kota. Kemudian pada hari itu, pasukan paramiliter mencoba membubarkan para pengunjuk rasa tetapi dipaksa mundur.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV   
 


 
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0