Israel Tuding Hamas Bangun Terowongan Untuk Pasok Senjata

Militan juga menggunakan terowongan untuk melancarkan serangan di dalam Israel yang mempertahankan blokade darat dan laut...
Ramses Rianto Manurung - Video, Rabu, 21-10-2020 17:18 WIB

Israel pada Selasa (20/10/2020) menemukan terowongan lintas batas baru dari jalur gaza yang menurut militernya diperpanjang "puluhan meter di bawah tanah" dan masuk ke wilayah negara zionis itu. Militer mengatakan para insinyurnya menemukan terowongan menggunakan sensor bawah tanah yang dipasang pada penghalang beton yang setelah selesai akan berjalan 65 kilometer di sekitar Gaza.

Warga Palestina telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk menyelundupkan segala macam barang komersial ke Gaza serta membawa senjata untuk militan dari kelompok Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza dan faksi lainnya. 

Militan juga menggunakan terowongan untuk melancarkan serangan di dalam Israel yang mempertahankan blokade darat dan laut di Gaza.  

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan terowongan baru itu berasal dari kota Khan Younis di Gaza Selatan membentang melintasi perbatasan Israel sebelum berakhir di bawah tanah sebelum mencapai penghalang. Ia menambahkan pihaknya belum memutuskan siapa yang membangun terowongan tetapi mengatakan segala sesuatu yang berasal dari Jalur Gaza' Hamas lah yang bertanggung jawab.

Juru bicara Hamas menolak berkomentar saat diminta tanggapan terkait tudingan Israel.

Israel dan Hamas terakhir kali berperang skala besar pada 2014 dan sejak itu telah terlibat dalam lusinan pertempuran kecil lintas batas. Hamas dan militan Gaza lainnya telah mempertahankan terowongan sebagai bagian dari apa yang mereka sebut sebagai persiapan mereka untuk berperang.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0