Filipina Dihantam Topan Molave, 12 Nelayan Hilang

Molave merupakan topan ke-17 yang melanda Filipina tahun ini menyusul badai tropis Saudel yang pekan lalu menyebabkan banjir...
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 27-10-2020 16:50 WIB

Topan Molave diserta hujan lebat menghantam bagian selatan pulau utama Filipina, Luzon. Bencana mengakibatkan saluran listrik terputus. Pejabat penanggulangan bencana pada Senin (26/10/2020) mengatakan topan tersebut juga menyebabkan sedikitnya 12 nelayan hilang.

Topan Molave dengan kecepatan angin 125 kilometer per jam dan hembusan hingga 150 kilometer per jam menyebabkan banjir dan memicu perintah evakuasi paksa untuk puluhan ribu orang.

Belum ada laporan tentang korban jiwa tetapi 12 nelayan di laut gagal kembali ke Provinsi Catanduanes di lepas pantai timur negara itu. 

Molave merupakan topan ke-17 yang melanda Filipina tahun ini menyusul badai tropis Saudel yang pekan lalu menyebabkan banjir yang meluas di Provinsi Quezon di wilayah Calabarzon tenggara ibu kota Manila.

Molave ​​akan keluar dari Filipina pada Selasa (27/10/2020) pagi menuju Vietnam. Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada Senin mengeluarkan peringatan mendesak kepada provinsi dan kota di jalur topan untuk bersiap.

Pemerintah Vietnam mengatakan provinsi perlu mempersiapkan rencana untuk mengevakuasi hampir 1,3 juta orang.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0