Badai Hantam Yunani, Dua Orang Dilaporkan Tewas

Badai mengubah dataran terbesar di Yunani yakni Kardista menjadi danau lumpur
Ramses Rianto Manurung - Video, Senin, 21-09-2020 15:43 WIB

Dua orang tewas akibat badai langka yang dikenal sebagai Medicane atau Badai Mediterania menghantam Yunani Tengah pada Sabtu (19/9/2020). Badai tersebut segera mengubah Karditsa salah satu dataran terbesar di Yunani menjadi danau lumpur yang luas.

Badai "Ianos" menumbangkan pohon dan menyebabkan pemadaman listrik di Pulau Ionia dan Peloponnese Barat pada Jumat (18/9/2020) kemudian menyapu Yunani Tengah, membanjiri lahan pertanian, jalan dan menyebabkan jembatan runtuh.

Di Desa Megala Kalyvia, tepat di luar Karditsa,  peternak domba mengarungi perairan berlumpur setinggi dada untuk menyelamatkan hewan mereka. Kuburan di dekat Artesiano juga tergenang air  dan menenggelamkan batu nisan.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan mayat seorang wanita tua ditemukan di sebuah rumah yang banjir di sebuah desa dekat Farsala.

Pihak berwenang sedang mencari dua orang lagi yang dilaporkan hilang.

Badai juga membuat koneksi kereta api antara Athena dan Kota Thessaloniki di bagian utara dihentikan.

Jaringan listrik kesulitan untuk mengatasinya dan upaya dilakukan untuk memulihkan listrik di Karditsa dan pulau-pulau Ionia. Selain itu penjaga pantai mengatakan lima kapal di lepas pantai Zakynthos dan Lefkada tenggelam.

Sementara itu, pemandangan pada Sabtu menunjukkan pusat kesehatan di kota Mouzaki di wilayah Karditsa di Yunani sebagian runtuh akibat banjir Sungai Pamisos yang juga memisahkan sebagian besar jalan utama. Sungai membanjiri tepiannya sejauh beberapa kilometer.

Dua orang tewas masing-masing di Karditsa dan Farsala di Yunani Tengah.

Badai juga membuat Taman Fotovoltaik besar dengan ribuan panel di Karditsa terendam air.

Badai "Ianos" melanda seluruh negeri, menyebabkan banjir, pemadaman listrik dan mencabut pepohonan dari pulau-pulau barat hingga Yunani Selatan dan Tengah.

Sejak badai pertama kali melanda Yunani pada Jumat (18/9/2020), pemadam kebakaran mengatakan telah menerima lebih dari 2.450 panggilan untuk membantu menyelamatkan orang-orang yang terjebak, membersihkan pohon tumbang dan memompa air dari rumah dan toko.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV 
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0