21 Orang Tewas dan 103 Lainnya Hilang Terkubur Tanah Longsor di Guatemala

Presiden Alejandro Giammattei pada Jumat (6/11/2020) mengatakan hingga 150 orang mungkin telah terkubur dalam tanah longsor...
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 10-11-2020 17:30 WIB

Rekaman drone menunjukkan jejak kehancuran yang ditinggalkan badai tropis Eta di Guatemala pada Minggu (8/11/2020). Bencana tanah longsor menimbun satu desa di wilayah Alta Verapaz, mengakibatkan 21 orang tewas dan 103 lainnya hilang 

Tanah longsor baru telah menghentikan upaya petugas penyelamat Guatemala untuk menggali lumpur sedalam 15 meter untuk mencapai rumah-rumah yang dibanjiri oleh badai dahsyat yang telah menewaskan puluhan orang di seluruh Amerika Tengah dan Meksiko Selatan.

Hujan deras akibat badai Eta menumbangkan pepohonan membuat tingginya debit air di sungai dan merobohkan bagian lereng gunung di atas Desa Queja, Alta Verapaz di wilayah Guatemala Tengah mengubur puluhan orang di rumah mereka.

Hujan memicu lebih banyak tanah longsor di Queja pada Sabtu (8/11/2020) malam dan kepala tim pekerja darurat setempat mengatakan upaya penyelamatan telah dibatalkan  kemungkinan secara permanen.

Beberapa rumah di Queja berada di bawah 15 meter lumpur dengan hujan yang tiada henti membuat tanah terlalu gembur dan berisiko bagi petugas untuk bekerja dengan aman dan tanah longsor baru memaksa pekerja mengungsi ke tempat yang lebih aman di desa.

Menurut data pemerintah Queja merupakan pemukiman  bagi sekitar 1.300 orang. Tidak semua rumahnya hancur dan para pejabat  mengatakan sebagian besar korban selamat telah dievakuasi.

Presiden Alejandro Giammattei pada Jumat (6/11/2020) mengatakan hingga 150 orang mungkin telah terkubur dalam tanah longsor Queja. 

Badan Bantuan Bencana Guatemala (Conred) mengatakan 103 orang diketahui hilang dan 21 orang dipastikan tewas di negara itu.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV  

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0