Jadi Menhan, Kini Prabowo Justru Sibuk Urus Tanaman Singkong

Penanaman singkong di sektor cadangan stratetgis pangan ditargetkan mencapai 1,4 juta hektar
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 24-09-2020 15:58 WIB

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengatakan hanya akan mengurusi proyek penanaman singkong di sektor cadangan strategis pangan atau food estate. Di sektor ini, menurut Prabowo sudah ada pembagian tugas di mana  Kementerian Pertanian mengurus padi  dan Kementerian Pertahanan mengurus singkong sebagai bahan makanan cadangan.

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin sektor cadangan strategis pangan sejak 9 Juli lalu. Penunjukan ini  sempat menjadi tanda tanya bagi publik. Namun presiden  menjelaskan bahwa ketahanan pangan adalah bagian dari pertahanan nasional. Menurut presiden pertahanan  bukan hanya urusan alutsista.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun mengungkap rencana penanaman singkong yang akan dimulai di Kalimantan Tengah pada tahun 2021. Untuk tahap awal akan ada 30.000 hektare lahan yang akan dikembangkan dan akan terus dikembangkan sampai 2025, di mana targetnya mencapai 1,4 juta hektare.

Prabowo mengatakan kementeriannya akan memegang peran pembangunan cadangan pangan di singkong, sementara  sisanya merupakan tugas Kementerian Pertanian.

Kendati sudah diberi mandat oleh Presiden, Ketua Umum Partai Gerindra ini hanya membantu Menteri Pertanian dan sudah ada pembagian tugas yang jelas.

Menurut Prabowo tanaman singkong berpotensi besar untuk dikembangkan dalam bentuk produk turunan lain seperti tepung sebagai bahan dasar pembuatan kue, roti, mie instan dan biskuit. Saat ini singkong sebagai salah satu komoditas diversifikasi pangan. Dengan adanya diversifikasi pangan tersebut masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja. Tetapi dapat mengkonsumsi bahan pangan lain sebagai pengganti makanan pokok yang selama ini dikonsumsi.

Nusantara Malam hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Malam setiap hari Senin - Jumat jam 22.00 WIB hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0