Bea Materai Naik Jadi Rp 10.000

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan RUU tentang Bea Materai sudah lama dan tidak sesuai lagi dengan kehidupan masa...
Ramses Rianto Manurung - Video, Rabu, 30-09-2020 14:22 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah mengesahkan Rancangan Undang Undang  Bea Materai menjadi Undang-undang. Kesepakatan tersebut diambil dalam Sidang Paripurna pembicaraan tingkat dua pengambilan keputusan terhadap RUU Bea Materai.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Puan menanyakan kepada seluruh anggota dewan yang hadir secara fisik, apakah mereka setuju dengan RUU Bea Materai tersebut dijadikan Undang-undang. Para anggota dewan pun menjawab setuju. Undang-undang tersebut mengoptimalkan dari sisi tarif yaitu hanya single tarif sebesarRp 10.000 semula dua tarif Rp 3.000 dan Rp 6.000. Namun Undang-undang tersebut tetap memberikan pemihakan kepada usaha kecil menengah dan pemilik dokumen di bawah atau sama dengan Rp 5 juta tidak perlu penggunaan materai.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan RUU tentang Bea Materai sudah lama dan tidak sesuai lagi dengan kehidupan masa kini, karena itu Sri merasa perlu untuk melakukan kenaikan guna menyesuaikan kondisi saat ini dan juga untuk semakin menguatkan kepastian hukum dalam suatu dokumen tersebut.

Sebelumnya DPR RI dan pemerintah telah menyelesaikan RUU Bea Materai tingkat satu dalam Panitia Kerja Komisi XI dan keduanya bersepakat untuk membawa RUU tersebut ke Sidang Paripurna.

Nusantara Malam hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Malam setiap hari Senin - Jumat jam 22.00 WIB hanya di Nusantara TV

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0