5 Pesan Wapres Ma'ruf Amin Untuk Tingkatkan Potensi Wakaf Indonesia

Saat ini potensi wakaf belum dipahami sebagai instrumen utama dalam pengelolaan ekonomi syariah
Ramses Rianto Manurung - Video, Rabu, 16-09-2020 18:55 WIB

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan pengembangan wakaf di Indonesia akan didorong bersamaan dengan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, sesuai Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020 tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. Ma'ruf menilai terdapat lima hal yang dilakukan Badan Wakaf Indonesia dalam mengembangkan wakaf di tanah air. Saat ini potensi wakaf belum dipahami sebagai instrumen utama dalam pengelolaan ekonomi syariah.

"Untuk itu dalam rangka menuju kebangkitan produktif menuju Indonesia Emas 2045 kita harus berkerja keras setidaknya dalam lima rencana aksi. Pertama, meningkatkan pemahaman dan kesadaran berwakaf. Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran berwakaf harus terus dilakukan secara sistematis, masif, dan terstruktur. Kedua, meningkatkan jumlah wakif (orang yang wakaf) dan harta wakaf melalui versifikasi harta wakaf seperti zakat, infak, sedekah dan wakaf (ziswaf).
Ketiga, meningkatkan kompetensi nadzir, termasuk kompetensi dalam bidang bisnis dan usaha, serta kompetensi dalam menjalankan kepatuhan terhadap regulasi dan prinsip-prinsip utama dari wakaf. Sehingga mampu mengelola aset wakaf secara profesional. Keempat, potensi wakaf bisa dimaksimalkan dengan meningkatkan dampak manfaat bagi mauquf'alaih (orang atau lembaga yang berhak menerima wakaf) dan kelima, memperkuat sinergi antar pengelola ziswaf atau Islamic Social Fund (ISF) dan Islamic Commercial fund (perbankan syariah),"

Sumber : Sekretariat Wakil Presiden RI

 Nusantara Malam hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Malam setiap hari Senin - Jumat jam 22.00 WIB hanya di Nusantara TV. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0