Warga Turun Ke Jalan Protes Terhadap Pemerintah

Argentina di ambang kebangkrutan akibat krisis ekonomi dan krisis kesehatan
Ramses Rianto Manurung - Video, Selasa, 22-09-2020 14:00 WIB

Warga Argentina turun ke jalan-jalan ibukota  berunjuk rasa terhadap pemerintah atas berbagai kesulitan yang dirasakan rakyat. Sebelumnya, Argentina telah mengalami kemerosotan ekonomi dan kian diperparah sebagai dampak pandemi.

Lalu lintas pada Sabtu (19/9/2020) di Buenos Aires macet ketika kerumunan besar warga keluar dengan berjalan kaki dan di mobil mereka untuk memprotes pemerintah Presiden Alberto Fernandez.

Para pengunjuk rasa menyampaikan sejumlah keluhan terhadap pemerintah Fernandez, mulai dari keadaan ekonomi, tindakan lockdown di seluruh negeri dan usulan reformasi peradilan. 

Ekonomi terbesar ketiga Amerika Latin ini sudah berada dalam krisis yang dalam sebelum pandemi melanda. Data Perserikatan Bangsa-bangsa menunjukkan, krisis kesehatan sekarang diperkirakan menyusut sekitar 12%, mendorong jutaan orang ke dalam kemiskinan dan membuat hampir enam dari setiap sepuluh anak dan remaja di bawah garis kemiskinan.

Pemerintah Argentina juga telah meluncurkan upaya untuk mereformasi peradilan dengan meningkatkan jumlah pengadilan federal/  mengurangi kekuasaan pengadilan yang sudah ada yang oleh para kritikus disebut sebagai upaya untuk memanipulasi sistem pengadilan.

Hingga Sabtu kemarin, Argentina telah melaporkan lebih dari 620.000 kasus virus corona dan lebih dari 12.700 kematian.

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0