Saham Twitter Anjlok 8 Persen Setelah Sanksi Akun Trump

Ini adalah pertama kalinya Twitter melarang seorang kepala negara yang memicu kontroversi di seluruh dunia mengenai dampak...
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 14-01-2021 04:25 WIB

Harga saham Twitter yang terdaftar di Jerman pada Senin (11/1/2021) merosot sebanyak 8%. Kemarin merupakan  hari perdagangan pertama setelah secara permanen Twitter menangguhkan akun Presiden AS Donald Trump pada Jumat (8/1/2021). 

Pihak perusahaan mengatakan penangguhan akun Trump  yang memiliki lebih dari 88 juta pengikut disebabkan oleh risiko kekerasan lebih lanjut setelah penyerbuan Capitol AS pada Rabu (6/1/2021). 

Dalam perdagangan premarket harga saham perusahaan media sosial yang terdaftar di AS juga turun 6,8% menjadi 47,94 Dollar. 

Ini adalah pertama kalinya Twitter melarang seorang kepala negara yang memicu kontroversi di seluruh dunia mengenai dampak raksasa teknologi AS terhadap kebebasan berbicara dan demokrasi secara lebih luas.

Perusahaan media sosial semakin diawasi atas cara mereka memengaruhi politik dan pemilu dalam beberapa tahun terakhir di mana CEO Twitter Jack Dorsey bersaksi di depan senat AS pada Oktober 2020. Ia  mengatakan bahwa "diperlukan lebih banyak akuntabilitas" dari operasi perusahaannya. 

Untuk neraca Twitter sendiri keputusan pelarangan Presiden AS diperkirakan akan berdampak negatif moderat. 

Kelompok sayap kanan mempertahankan kehadiran online yang kuat di platform digital seperti Parler, Gab, Mewe, Zello dan Telegram dan dapat melepaskan diri dari media sosial arus utama. 

Mungkin juga ada biaya tambahan untuk Twitter dan lainnya saat mereka berupaya untuk lebih memoderasi konten yang diunggah oleh pengguna mereka. 

Facebook Inc juga telah menangguhkan akun Trump hingga setidaknya akhir masa jabatan presidennya akhir bulan ini.

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0