Presiden Peru Digulingkan, Pendukung Ngamuk 

Vizcarra mengatakan dia akan menerima pemungutan suara kongres dan tidak akan mengambil tindakan hukum untuk melawannya. 
Ramses Rianto Manurung - Video, Kamis, 12-11-2020 15:15 WIB

Pendukung Presiden Peru Martin Vizcarra bereaksi dengan marah atas berita pemakzulan sang presiden. Mereka turun ke jalan dan sempat bentrok dengan polisi. 

Kongres Peru menggulingkan Presiden Vizcarra pada Senin (9/11/2020) dalam pemungutan suara pemakzulan atas tuduhan korupsi yang memicu ketegangan langsung di negara Andes itu. 

Vizcarra mengatakan dia akan menerima pemungutan suara kongres dan tidak akan mengambil tindakan hukum untuk melawannya. 

Puluhan orang berkumpul di Plaza San Martín di pusat kota Lima untuk mendukung Vizcarra setelah berita penggulingannya saat petugas polisi mengawasi kerumunan.

Anggota parlemen yang bersimpati kepada Vizcarra menolak penggulingannya dan memperingatkan bahwa keputusan itu akan meningkatkan ketidakstabilan.

Julio Guzman dari Partido Morado yang berhaluan tengah mengatakan  ini bukan tentang perang melawan korupsi melainkan  tentang bagaimana mereka membagi kekuasaan. 

Kepala Kongres Manuel Merino seorang ahli agronomi dan pengusaha dari aksi populer minoritas diharapkan untuk mengambil alih kursi kepresidenan pada hari Selasa (10/11/2020) dan akan tetap menjabat hingga akhir Juli 2021 ketika masa jabatan Vizcarra akan berakhir.  

Apa Kata Dunia hadir untuk anda mengenai berita-berita dari mancanegara terkuat setiap minggunya. Saksikan Apa Kata Dunia setiap hari Senin-Jumat Jam 21.00 WIB hanya di Nusantara TV. 
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0